HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN 2015/2016

M, TIGADARA GUTY (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (296Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tigadara Guty Mustika. HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan kompetensi guru dengan hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi perkantoran. 2) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi perkantoran, 3) Hubungan kompetensi guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi perkantoran siswa kelas XI SMK 2 Batik Surakarta tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah Siswa SMK Batik 2 Surakarta sebanyak 82 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Sampel penelitian sebanyak 65 siswa yang diambil secara proportional random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan menggunakan validitas internal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji independensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data variabel penelitian berdistribusi normal, hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat bersifat linear, dan antara variabel bebas saling independen. Hasil analisis data diperoleh rx1y sebesar 0,438 dengan signifikansi 0,000 < 0,05,rx2y sebesar 0,465 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, dan Fhitung sebesar 17,242 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu 62,851+ 0,089X1 + 0,159X2 dan Koefisien determinasi sebesar 35,7%. Simpulan penelitian ini adalah: 1) Ada hubungan yang signifikan kompetensi mengajar guru dengan hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur adminitrasi perkantoran, 2) Ada hubungan yang signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif melakukan prosedur administrasi perkantoran, dan 3) Ada hubungan yang signifikan kompetensi mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran produktif melakukan prosedur adminitrasi perkantoran pada siswa kelas XI SMK Batik 2 Surakarta. Kata kunci: Kompetensi Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Adminitrasi Perkantoran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 30 Nov 2016 13:28
    Last Modified: 30 Nov 2016 13:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29931

    Actions (login required)

    View Item