Seminar Nasional Ber ISBN dengan Judul : ” Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Dengan Metode Prototyping Sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi Internal”

, Munifah and Damayanti, Retno Wulan and Setiadi, Haryono (2016) Seminar Nasional Ber ISBN dengan Judul : ” Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Dengan Metode Prototyping Sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi Internal”. In: Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri dan Konggres Badan Kerjasama Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI V), Tanggal 16 - 17 Juli 2008, Hotel Singgasana, Makasar.

[img] PDF - Published Version
Download (133Kb)

    Abstract

    Pengelolaan ratusan atau bahkan ribuan data staf akademik dan non akademik yang tidak terstruktur, tidak sistematis dan tidak terintegrasi menyebabkan proses-proses yang dikelola oleh SubBag KepegawaianFakultas Teknik UNS menjadi tidak efisien. Saat ini di Fakultas Teknik UNS belum terdapat suatu sistem terpadu untuk mengelola data dan informasi staf akademik dan non akademik. Beberapa akibat yang muncul antara lain staff administrasi tidak efektif dalam bekerja, terjadinya perulangan pekerjaan yang tidak perlu hingga tidak sinkronnya data-data pegawai di jurusan atau program studi yang ada di Fakultas Teknik. Sistem informasi kepegawaian dirancang untuk mengeliminasi permasalahan-permasalahan yang ada di kepegawaian Fakultas Teknik dengan metode prototyping. Metode prototyping memudahkan perancang/pengembang sistem mengetahui kebutuhan user. Dalam teknik prototyping, sistem terdiri dari beberapa siklus, dimana pada tiap siklus tim pengembang menghasilkan suatu prototipe yang akan dicoba user. Kemudian user akan megevaluasi kekurangan prototipe tersebut. Hasil evaluasi ini akan dianalisa kembali oleh tim pengembang dan kemudian menghasilkan protipe yang baru. Demikian siklus ini akan berlangsung terus sampai didapat sistem yang sesuai dengan keinginan user. Adanya sistem ini diharapkan akan meningkatkan efisiensi, dimana informasi kepegawaian yang dihasilkan lebih cepat, tepat, akurat dan relevan. Kata Kunci : Sistem informasi kepegawaian, SubBag Kepegawaian, Prototyping

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 Nov 2016 10:10
    Last Modified: 30 Nov 2016 10:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29909

    Actions (login required)

    View Item