PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERLAWANAN PENJAJAHAN PADA SISWA KELAS VB SD N 2 KARANGPANDAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

A, Dyah Nursanti (2016) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERLAWANAN PENJAJAHAN PADA SISWA KELAS VB SD N 2 KARANGPANDAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (286Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dyah Nursanti Arviani. PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERLAWANAN PENJAJAHAN PADA SISWA KELAS VB SD N 2 KARANGPANDAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/206. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perlawanan penjajahan melalui metode Mind Mapping pada siswa kelas VB SD N 2 Karangpandan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus dua pertemuan. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SD N 2 Karangpandan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 siwa. Sumber data berasal dari guru dan siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep perlawanan penjajahan siswa kelas VB, hal itu terlihat dari nilai setiap siklus yaitu pada kondisi awal, nilai rata-rata pemahaman konsep perlawanan penjajahan adalah 65,93 dengan ketuntasan klasikal 27,58%. Pada siklus I meningkat menjadi 72,68(48,27%). Pada siklus II kembali meningkat menjadi 82,03 (86,20%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep perlawanan penjajahan pada siswa kelas VB SD N 2 Karangpandan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : pemahaman konsep, perlawanan penjajahan, metodeMind Mapping

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 30 Nov 2016 05:03
    Last Modified: 30 Nov 2016 05:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29892

    Actions (login required)

    View Item