PERJUANGAN KESETARAAN GENDER, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KENANGA KARYA OKA RUSMINI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI PERGURUAN TINGGI

YUNIARTI T., SRI (2016) PERJUANGAN KESETARAAN GENDER, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KENANGA KARYA OKA RUSMINI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI PERGURUAN TINGGI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1916Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) struktur novel Kenanga karya Oka Rusmini: (2) ketidakadilan gender tokoh perempuan dalam novel Kenanga karya Oka Rusmini; (3) perjuangan kesetaraan gender dalam novel Kenanga karya Oka Rusmini; (4) nilai pendidikan karakter dalam novel Kenanga karya Oka Rusmini; dan (5) relevansi novel Kenanga sebagai materi pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan metode kualitatif-deskriptif dengan menggunakan novel Kenanga sebagai sumber data primer dan infoman, buku-buku, serta jurnal sebagai sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik analysis content dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi metode, dan triangulasi sumber data. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles dan Hubbermen yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Struktur novel Kenanga meliputi tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, dan amanat; (2) Ketidakadilan gender dalam novel Kenanga meliputi subordinasi, kekerasan, dan stereotype (pelabelan negatif); (3) Perjuangan kesetaraan gender meliputi beberapa bidang yaitu pendidikan, publik, pekerjaan, keluarga, dan sistem kasta/budaya; (4) Nilai pendidikan karakter dalam novel Kenanga yaitu nilai pendidikan tanggung jawab seperti tanggung jawab pada keluarga dan masyarakat; (5) Adanya relevansi novel Kenanga sebagai materi pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan novel Kenanga sesuai dengan silabus kritik sastra feminis yang diajarkan di perguruan tinggi yang terdapat pada K.D memahami feminisme dalam karya sastra dengan materi pokok penerapan kritik sastra feminis dalam novel-novel karya pengarang perempuan. Kata Kunci: novel Kenanga, kajian feminis, gender, nilai pendidikan karakter, pembelajaran sastra.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 29 Nov 2016 14:58
    Last Modified: 29 Nov 2016 14:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29883

    Actions (login required)

    View Item