PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS X-MIA 1 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

FASIROKA, EMA YULIA (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS X-MIA 1 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (653Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ema Yulia Fasiroka. K4612051. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS X-MIA 1 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. July 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola voli melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada peserta didik kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 39 peserta didik. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan pendekatan Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil hasil belajar (psikomotor) teknik dasar permainan bolavoli pada siklus I yaitu 23 peserta didik (58,97%) tuntas dan 16 peserta didik (41,03%) tidak tuntas. Hasil belajar afektif adalah 17 peserta didik (43,59%) sangat baik dan 22 peserta didik (56,41 %) baik. Sedangkan hasil belajar kognitif bermain bolavoli adalah 30 peserta didik (76,92 %) tuntas dan 9 peserta didik (23,08%) belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar (psikomotor) teknik dasar permainan bolavoli pada siklus II yaitu 34 peserta didik (87,18 %) tuntas dan 5 peserta didik (12,82 %) tidak tuntas. Hasil belajar afektif peserta didik adalah 28 peserta didik (77,79%) dinyatakan sangat baik, dan 11 peserta didik (28,21%) dinyatakan baik. Sedangkan ketercapaian ketuntatasan nilai kognitif adalah 35 peserta didik (89,74 %) tuntas dan 4 peserta didik (10,26 %) belum tuntas. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar bolavoli pada peserta didik kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. 1. Kata kunci : Hasil Belajar, Permainan Bolavoli, Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 29 Nov 2016 12:23
    Last Modified: 29 Nov 2016 12:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29868

    Actions (login required)

    View Item