Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2015/2016

SULASTHOMO, HIMAWAN (2016) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (107Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik pada materi prisma dan limas antara model pembelajaran Jigsaw, model pembelajaran TPS, atau model pembelajaran langsung; (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik antara siswa dengan kedisiplinan belajar tinggi, sedang, atau rendah; (3) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik pada materi prisma dan limas siswa dengan kedisiplinan belajar tinggi,sedang, atau rendah; (4) Pada masing-masing tingkat kedisiplinan belajar, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik pada materi prisma dan limas antara model pembelajaran Jigsaw, model pembelajaran TPS, atau model pembelajaran langsung Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Pati tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tayu, SMP Negeri 1 Margoyoso, dan SMP Negeri 1 Gunungwungkal. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Uji pasca anava yang digunakan yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran Jigsaw memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibanding dengan model pembelajaran TPS maupun pembelajaran langsung; Model pembelajaran TPS memberikan prestasi belajar yang sama baiknya dengan model pembelajaran langsung; (2) Prestasi belajar siswa berkedisiplinan belajar tinggi sama baiknya dengan siswa berkedisiplinan belajar sedang; Prestasi belajar siswa berkedisiplinan belajar tinggi maupun sedang lebih baik dibanding siswa berkedisiplinan belajar rendah; (3) Pada masing-masing model pembelajaran, prestasi belajar siswa berkedisiplinan tinggi sama baiknya dengan siswa berkedisiplinan belajar sedang; Pada masing-masing model pembelajaran, prestasi belajar siswa berkedisiplinan tinggi maupun sedang lebih baik dibanding siswa berkedisiplinan belajar rendah; (4) Pada masing-masing tingkat kedisiplinan belajar, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibanding model pembelajaran TPS maupun model pembelajaran langsung; Pada masing-masing tingkat xkedisiplinan belajar, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran TPS sama baiknya dengan model pembelajaran langsung. Kata kunci: Jigsaw, Think Pair Share (TPS), pembelajaran langsung, kedisiplinan belajar, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 29 Nov 2016 10:48
    Last Modified: 29 Nov 2016 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29840

    Actions (login required)

    View Item