Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Robomind Melalui Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ 1 SMK N 1 Banyudono

NOFITASARI, ANGGUN (2016) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Robomind Melalui Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ 1 SMK N 1 Banyudono. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (255Kb)

    Abstract

    Anggun Nofitasari. K3512007. UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR ALGORITMA PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN APLIKASI ROBOMIND MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMGROGRAMAN DASAR SISWA KELAS X TKJ 1 SMK N 1 BANYUDONO. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosep dasar algoritma pemrograman siswa kelas X TKJ 1 SMK N 1 Banyudono pada pembelajaran Pemrograman Dasar melalui pendekatan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan aplikasi Robomind. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X TKJ 1 SMK N 1 Banyudono sejumlah 33 siswa. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi masalah yang terjadi di dalam kelas. Kemudian dirancang suatu tindakan untuk mengatasinya dalam sebuah siklus tindakan. Pada penelitian ini pemberian tindakan berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kegiatan pembelajaran di kelas dan tes pemahaman setelah tindakan tiap siklusnya. Analisa terhadap data dilakukan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan bantuan media aplikasi Robomind dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap algoritma program. Hal tersebut ditunjukan dengan ketuntasan tes pemahaman 37,5 % pada pra siklus, 44,8 % pada siklus I, dan 93,3 % pada siklus II. Kata Kunci : penelitian tindakan kelas, pemahaman konsep dasar algoritma, problem based learning, robomind

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 29 Nov 2016 10:42
    Last Modified: 29 Nov 2016 10:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29837

    Actions (login required)

    View Item