PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PENGAJUAN KENAIKAN JABATAN AKADEMIK DENGAN METODE BPR UNTUK MENDUKUNG PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI

Damayanti, Retno Wulan and Setiadi, Haryono (2016) PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PENGAJUAN KENAIKAN JABATAN AKADEMIK DENGAN METODE BPR UNTUK MENDUKUNG PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI. In: Seminar Nasional IV Manajemen dan Rekayasa Kualitas Proceeding "Membudayakan Standar dan Rekayasa Kualitas untuk Memperkuat Daya Saing Industri", 15 April 2010, Aston Tropicana Hotel & Plaza, Bandung.

[img] PDF - Published Version
Download (784Kb)

    Abstract

    Pergurun tinggi yang memiliki dosen-dosen dengan jabatan akademik tinggi, merupakan refleksi bahwa mutu SDM-nya baik. Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan dan menjamin mutu pendidikan tinggi termasuk mutu SDM-nya. Namun, rata-rata 30% dosen di UNS terlambat mengajukan kenaikan jabatan akademik lebih dari 5 tahun. Delapan puluh persen alasan keterlambatan tersebut adalah karena masaah teknis, yaitu teknis terkait dengan proses pengurusan jabaran akademik yang rumit dan lama. Gejala ini mengindikasikan bahwa pengurusan jabatan akademik di UNS saat ini kurang efisien, karena melalui prosedur birokrasi yang melibatkan banyak unit dan entitas. Proses bisnis pengurusan pengajuan jabatan akademik di UNS saat ini perlu diperbaiki agar lebih efisien. Perbaikan dilakukan dengan mengembangkan model proses bisnis kenaikan jabatan akademik menggunakan konsep rethink, redesign, dan retool dari metode Bussiness Process Reengineering (BRP)). Model proses bisnis kenaikan jabatan akademik hasil pengembangan memiliki prosedur birokrasi yang lebih ringkas. Pada awalnya, untuk mengajukan kenaikan jabatan akademik di UNS harus melalui 20 entitas dengan 67 proses dan 112 aktivitas. Model proses bisnis baru hasil perbaikan berhasil meringkasnya menjadi 15 entitas dengan 43 proses dan 50 aktivitas. Kata kunci : kenaikan jabatan akademik, proses bisnis, BPR.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Nov 2016 07:51
    Last Modified: 29 Nov 2016 08:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29831

    Actions (login required)

    View Item