ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REVALUASI ASET TETAP (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 dan 2015)

Rizki, Miftah Ahmad (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REVALUASI ASET TETAP (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 dan 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (599Kb)

    Abstract

    Terdapat dua cara dalam melakukan penilaian aset tetap, yaitu menggunakan metode biaya atau metode revaluasi. Perusahaan melakukan revaluasi dipengaruhi oleh berbagai hal. Dalam penelitian ini sendiri faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi revaluasi antara lain rasio utang terhadap ekuitas, rasio harga terhadap buku, aset, aset tetap, ilikuiditas, utang luar, deplesi aset dan tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi revaluasi aset tetap. Dari faktor-faktor itu sendiri diharapkan diharapkan dapat menjadi pertimbangan pemerintah untuk memutuskan kebijakan demi meningkatkan jumlah pajak dari revaluasi aset tetap. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Lopes dan Walker (2012). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesi (BEI). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio harga terhadap nilai buku dan tahun berpengaruh terhadap revaluasi aset tetap. Pada variabel lain tidak ditemukan pengaruh terhadap revaluasi aset tetap.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 28 Nov 2016 22:42
    Last Modified: 28 Nov 2016 22:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29811

    Actions (login required)

    View Item