PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 REMBANG KEDIRI

F, Dina Rahmanita (2016) PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 REMBANG KEDIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (175Kb)

    Abstract

    Dina Rahmanita Fadlila. K3112022. PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 REMBANG, KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan permainan edukaif untuk meningkatkan kepecayaan diri peserta didik kelas V SDN 1 Rembang, Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney dengan bantuan SPSS 19. Hasil analisis menunjukkan kelompok eksperimen dan kontrol memiliki nilai awal yang sama. Dibuktikan dari hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai probabilitas sebesar 0.849 > 0.05. Terjadi peningkatan kepercayaan diri pada kelompok eksperimen. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai probabilitas sebesar 0.005 < 0.05. Terjadi peningkatan kepercayaan diri pada kelompok kontrol. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai probabilitas sebesar 0.005 < 0.05. Permainan edukatif efektif meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai probabilitas 0.037 < 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan edukatif efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas V SDN 1 Rembang, Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Permainan Edukatif, Kepercayaan Diri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 28 Nov 2016 22:23
    Last Modified: 28 Nov 2016 22:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29804

    Actions (login required)

    View Item