PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PEMATUHAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK PELAYARAN "AKPELNI" SEMARANG

FAJRIN, RAFIKA (2016) PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PEMATUHAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK PELAYARAN "AKPELNI" SEMARANG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (441Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis tindak tutur yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia; (2) pelanggaran prinsip kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia; dan (3) pematuhan prinsip kesantunan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pelayaran “Akpelni” Semarang mulai dari bulan Februari-Juli 2016. Sumber data primer penelitian adalah interaksi guru dan taruna dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Pelayaran “Akpelni” Semarang. Adapun, sumber data sekunder keterangan peristiwa tutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Data dikumpulkan dengan metode observasi. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi teori. Data dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa, (1) jenis tindak tutur yang ditemukan adalah lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tindak tutur ilokusi paling banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas; (2) pelanggaran prinsip kerja sama paling banyak terjadi pada pelanggaran prinsip kerja sama maksim pelaksanaan. Pelanggaran maksim pelaksanaan terjadi setiap peserta pertuturan berbicara tidak langsung, ambigu, tidak runtut, kabur, dan berelebih-lebihan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas; (3) pematuhan prinsip kesantunan paling banyak ditemukan pada pematuhan maksim kecocokan atau kesepakatan antara guru dan taruna di kelas yang meminimalkan ketidakcocokan di antara mereka Kata kunci: jenis tindak tutur, pelanggaran prinsip kerja sama, pematuhan prinsip kesantunan, pembelajaran bahasa Indonesia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 28 Nov 2016 14:52
    Last Modified: 28 Nov 2016 14:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29794

    Actions (login required)

    View Item