Pembelajaran Nirmana Dwi Matra dari Bahan Bekas dan Alami pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono Tahun Pelajaran 2015/2016

ADY MURTANTO, MULYO (2016) Pembelajaran Nirmana Dwi Matra dari Bahan Bekas dan Alami pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (382Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran Nirmana Dwimatra dikelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. (2) Hambatan dan dukungan dalam pelaksanaan pembelajaran Nirmana Dwimatra dikelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yakni guru mata pelajaran Seni Budaya kelas X dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono, serta dokumentasi foto hasil karya, dan dokumen arsip.Teknik pengumpulan data yang digunakanobservasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakanpurposive samplingdan snowball sampling. Validitasi data yang digunakantriangulasidata dan review informant. Analisis data yang dilakukan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran seni budaya materi nirmana dwimatradilakukan dengan pendekatan aplikatif, yaitu melibatkan siswa secara langsung dalam proses berkarya nirmana dwimatra. (2) Hambatan yang dihadapi guru adalah terkait kedisiplinan siswa dalam membawa alat dan bahan, kurangnya konsultasi. Sedangkan dukungan dalam materi ini adalah antusiasme siswa serta persepsi siswa tentang seni budaya yang merupakan mata pelajaran yang tidak banyak menuntut berpikir.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 28 Nov 2016 14:32
    Last Modified: 28 Nov 2016 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29790

    Actions (login required)

    View Item