PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYATAKAN LAMBANG BILANGAN ROMAWI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kemasan 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016)

WIDYAWATI, ERNA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYATAKAN LAMBANG BILANGAN ROMAWI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kemasan 1 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1113Kb)

    Abstract

    Abstract: The purpose of this research was to improve the explain roman numbers symbol ability through Cooperative Learning Model of Rotating Trio Exchange (RTE) type in fourth grade students of State Primary School of Kemasan 1 in the academic year 2015/2016. The form of this research was classroom action research (CAR). The data collecting technique was observation, interview, test, and documentation. The data validity was triangulation of resources, triangulation of technique, and content validity. The data analysis technique was interactive analysis technique. The result of the research concluded that applying Cooperative Learning Model of Rotating Trio Exchange (RTE) type can improve the explain roman numbers symbol ability. Improvement of that explain roman numbers symbol ability could be seen in the increased of explain roman numbers symbol ability value for each cycle. The average value of explain roman numbers symbol ability was 56,2 before the action, 82,02 in the first cycle and in the second cycle was 87. Before the action, students who exceed KKM grade (≥75) were 9 students (36%). In the first cycle, increased to 19 students (76%) and in the second cycle increased to 22 students (88%). Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyatakan lambang bilangan romawi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada siswa kelas IV SD Negeri Kemasan 1 tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data adalah teknik analisis interaktif. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan kemampuan menyatakan lambang bilangan romawi. Peningkatan kemampuan menyatakan lambang bilangan romawi tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kemampuan menyatakan lambang bilangan romawi pada setiap siklus. Rata-rata nilai kemampuan menyatakan lambang bilangan romawi 56,2 pada pratindakan, pada siklus I sebesar 82,02 dan pada siklus II adalah 87. Sebelum dilakukan tindakan, siswa yang melebihi nilai KKM (≥75) hanya 9 siswa (36%). Pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (76%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 22 siswa (88%). Kata Kunci: Rotating Trio Exchange (RTE), Menyatakan Lambang Bilangan Romawi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 27 Nov 2016 20:53
    Last Modified: 27 Nov 2016 20:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29750

    Actions (login required)

    View Item