PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKTIF BERORGANISASI DENGAN TIDAK BERORGANISASI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS

SETYOWATI, DWI (2016) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKTIF BERORGANISASI DENGAN TIDAK BERORGANISASI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1084Kb)

    Abstract

    Dwi Setyowati. K7412063. PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKTIF BERORGANISASI DENGAN TIDAK BERORGANISASI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang aktif berorganisasi dan mahasiswa yang tidak berorganisasi pada Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; (2) seberapa besar perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan yang tidak berorganisasi pada Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; dan (3) apakah dengan aktif berorganisasi dapat memberikan dampak yang merugikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal-komparatif atau penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 180 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS angkatan 2013, 2014, dan 2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 124 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tingkat keaktifan dan keaktifan berorganisasi mahasiswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Uji Validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha yang dihitung dengan SPSS versi 23. Teknik analisis data digunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif yang digunakan adalah tingkat pencapaian variabel keaktifan berorganisasi, nilai tertinggi, nilai terendah, nilai rata-rata, modus, median, dan standar deviasi. Analisis statistik inferensial menggunakan 2 uji persyaratan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yang menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa aktif berorganisasi dengan tidak berorganisasi pada Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS dengan hasil perhitungan sebesar thitung > ttabel (5,929 > 1,979); (2) Prestasi belajar mahasiswa aktif berorganisasi lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa tidak berorganisasi yaitu sebesar 2,32%, dengan rata-rata masing-masing prestasi belajar 3,53 dan 3,37; dan (3) Hasil perhitungan didapatkan tingkat pencapaian prestasi belajar mahasiswa aktif berorganisasi sebesar 88,26% dan mahasiswa tidak berorganisasi 84,37%. Aktif berorganisasi tidak memberikan dampak yang buruk terhadap prestasi belajar mahasiswa, yang didukung dengan perolehan data nilai tertinggi keaktifan berorganisasi mahasiswa sebesar 91-95 dengan rata-rata perolehan IPK yaitu 3,58. Kata Kunci : Keaktifan Mahasiswa, Organisasi Kemahasiswaan, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LA History of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 27 Nov 2016 20:42
    Last Modified: 27 Nov 2016 20:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29747

    Actions (login required)

    View Item