PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN WANITA TENTANG MENOPAUSE

KURNIAN, RENA ADELLIA (2016) PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN WANITA TENTANG MENOPAUSE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (558Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rena Adellia Kurnianingrum. R1115075. 2015. Perbedaan antara Pengunaan Media Powerpoint dengan Media Video dalam Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan Wanita tentang Menopause. Program Studi D IV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Latar belakang : Menopause adalah suatu tingkatan di mana seorang wanita tidak lagi memiliki siklus menstruasi. Pendidikan kesehatan merupakan upaya promotif untuk meningkatkan kemampuan masyarakat secara mandiri dalam bidang kesehatan. Media pembelajaran untuk menyampaikan penddikan kesehatan antara lain media powerpoint dan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan media powerpoint dengan media video dalam pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan tentang menopause pada wanita di kampung Sengon, Kabupaten Sukoharjo. Metode : Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy experiment). Penelitian ini menggunakan rancangan pretest dan posttest non-control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan block random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil : Hasil uji Mann-Whitney data posttest kelompok media powerpoint dan video didapatkan p= 0,019 dan data selisih skor pengetahuan adalah p=0,048. Simpulan : Terdapat perbedaan mean pengetahuan yang bermakna antara kelompok media powerpoint dan media video setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang menopause. Media video lebih meningkatkan pengetahuan tentang menopause dibandingkan dengan media powerpoint. Kata kunci : media pendidikan kesehatan, pengetahuan, menopause.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Kebidanan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 26 Nov 2016 22:08
    Last Modified: 26 Nov 2016 22:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29692

    Actions (login required)

    View Item