POTENSI DAN PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA DESA KRAKITAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN STUDI KASUS OBYEK WISATA RAWA JOMBOR DAN BUKIT SIDAGORA

DWIYANTO, RAHMAT (2016) POTENSI DAN PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA DESA KRAKITAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN STUDI KASUS OBYEK WISATA RAWA JOMBOR DAN BUKIT SIDAGORA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (494Kb)

    Abstract

    2016. Program Studi Diploma D III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Potensi Obyek Wisata Rowo Jombor dan Bukit Sidagora serta pengembangannya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah, potensi yang dimiliki,kendala – kendala yang dihadapi serta upaya pengembangan yang dilakukan oleh instansi terkait terhadap kemajuan potensi Rawa Jombor dan Bukit Sidagora sebagai obyek wisata yang unik untuk dikunjungi. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan dengan mennggunakan cara observasi secara langsung, wawancara dan studi pustaka. Penulisan laporan ini disajikan dengan metode deskriptif kualitataif untuk memperoleh gambaran informasi yang berhubungan dengan potensi obyek kawasan Rawa Jombor dan Bukit Sidagora. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan cara metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah kawasan Rawa Jombor dan Bukit Sidagora menjadi salah satu obyek atau tempat wisata unggulan di Klaten karena memiliki potensi pada atraksi dan daya tarik wisata yang ada di dalam kawasan sehingga pengembangan potensi di kawasan Rawa Jombor dan Bukit Sidagora menjadi lebih baik dan adanya atraksi wisata yang beragam dan bervariasi sehingga menarik perhatian para pengunjung yang datang, memiliki sarana dan prasana yang mendukung dalam aktivitas wisata, serta aksesibilitas yang sangat mendukung dalam pengembangan di kawasan Rawa Jombor dan Bukit Sidagora. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa latar belakang adanya kawasan Rawa Jombor dan Bukit Sidagora memiliki ciri khas tradisi syawalan serta keindahan alam tertentu yang unik dan mempunyai luas wilayah yang memungkinkan untuk perkembangan yang ada di dalamnya. Rawa Jombor dan Bukit Sidagora memiliki potensi daya tarik pada wisata edukasi, alam dan budayanya, hal ini mempunyai manfaat sebagai tempat berlibur dengan keluarga, dan akses menuju kawasan sangat baik. Upaya pengembangan Rawa Jombor dan Bukit Sidagora menggunakan faktor internal dan eksternal didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, dan pengembangan kepariwisataannya dilihat dari aktivitas pengunjung. Kendala yang dihadapi pengelola dalam pengembangan kawasan karena terjadinya polusi, masih adanya tingkat kerawanan kawasan, Pengelolaan kawasan kurang optimal, masih terbatasnya sumber daya manusia dalam bidang kepariwisataan, kurangnya perhatian dari pihak pemerintah untuk melakukan pengembangan di kawasan Rawa Jombor dan Bukit Sidagora.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 26 Nov 2016 21:58
    Last Modified: 26 Nov 2016 21:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29690

    Actions (login required)

    View Item