Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Sejarah Perjuangan Adisutjipto untuk Meningkatkan Sikap Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta

WAHYUDI, ARIS (2016) Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Sejarah Perjuangan Adisutjipto untuk Meningkatkan Sikap Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (510Kb)

    Abstract

    Aris Wahyudi S861502006. Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Sejarah Perjuangan Adisutjipto Untuk Meningkatkan Sikap Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta. TESIS. Pembimbing: 1) Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd; 2) Prof. Dr. Warto, M.Hum. Program Magister Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dewasa ini telah mencapai tingkat yang begitu pesat. Perkembangan dan ke-modern-an IPTEK ini memberikan dampak yang begitu besar pula terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran sejarah menjadi satu hal yang lazim untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Dengan pembelajaran sejarah yang menarik maka antusiasme siswa dalam pembelajaran pun akan meningkat. Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran sejarah. Dengan kemampuan ini siswa akan mampu menguraikan fakta-fakta, memperinci, dan berpikir logis, dan mampu memberikan argumen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis dan mendeskripsikan tentang media pembelajaran sejarah yang digunakan selama ini di SMA Angkasa Adisutjipto; 2) mengembangkan media audio visual berbasis sejarah perjuangan Adisutjipto untuk meningkatkan sikap kritis siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Angkasa Adisutjipto; 3) menguji efektivitas media audio visual berbasis sejarah perjuangan Adisutjipto yang diterapkan di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE dari Molenda. Model penelitian ini terdiri dari lima tahapan, yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Desain produk), Development (Pengembangan produk), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Model uji kelayakan dalam penelitian ini menggunakan model skala Likert 1 sampai 5, dan pengujian efektivitas menggunakan Independent Sample T Test dengan menggunakan SPSS. Hasil dari uji coba T Test dari Pre-Test dan Post-Test kelas eksperimen dengan nilai 3,485 dengan signifikansi 0,790>0,05. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji efektivitas sikap kritis siswa diperoleh nilai 0,159 dengan nilai signifikansi 0,035<0,05. Hal ini menunjukan bahwa hasil dari kelas eksperimen sebelum dan sesudah penggunaan media tidaklah sama. Sehingga media audio visual berbasis sejarah perjuangan Adisutjipto terbukti efektif untuk meningkatkan sikap kritis siswa dalam pebelajaran sejarah. Kata Kunci: media audio visual, Adisutjipto, sikap kritis siswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 26 Nov 2016 14:37
    Last Modified: 26 Nov 2016 14:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29680

    Actions (login required)

    View Item