Pengaruh Penggunaan Media Prezi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo

Kusuma Wati, Dewi (2016) Pengaruh Penggunaan Media Prezi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (564Kb)

    Abstract

    Dewi Kusuma Wati. K7412050. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PREZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media prezi dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media power point pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi 2 dan X Akuntansi 3 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Nonrandomized Control-Group, Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan dokumentasi dan tes. Validitas instrumen tes dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi biseral (ypbi). Instrumen tes dikatakan valid apabila nilai koefisien korelasi lebih besar dari rtabel yaitu 0,361. Reliabilitas instrumen tes dilakukan dengan menggunakan rumus Kuder Richardson (K-R 20) dan diperoleh nilai reliabilitas instrumen sebesar 0,8272. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media prezi dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media power point pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dengan thitung lebih besar dari ttabel (2,188>1,994). Siswa yang dibelajarkan melalui penggunaan media prezi memiliki prestasi belajar akuntansi lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan melalui penggunaan power point. Kata Kunci : Prezi, Prestasi Belajar, Akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 26 Nov 2016 14:07
    Last Modified: 26 Nov 2016 14:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29672

    Actions (login required)

    View Item