PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA PADA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

SYAMSUL HUDA, AKHMAD (2016) PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA PADA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (462Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Akhmad Syamsul Huda. PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA PADA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara dengan desain pembelajaran model ADDIE pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 10 siswa putra dan 21 siswa putri. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan kolaborator. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada Siklus I dari 31 peserta didik mencapai 64,51% atau sebanyak 20 siswa sudah memenuhi kriteria tuntas pada hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara. Pada Siklus II meningkat mencapai 87,10% atau sebanyak 27 siswa sudah memenuhi kriteria tuntas pada hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara yaitu dengan KKM 75. Maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan desain pembelajaran model ADDIE dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara dibuktikan dengan tercapainya target oleh siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016 yaitu sebesar 60% pada siklus I dan 80% pada siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara, Desain Pembelajaran Model ADDIE. ABSTRACT Akhmad Syamsul Huda. THE APPLICATION OF ADDIE MODEL OF LEARNING DESIGN TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOME OF WALKING-ON-THE-AIR STYLE OF LONG JUMP IN THE 11TH MIPA 4 GRADERS OF SMA NEGERI 6 SURAKARTA IN THE SCHOOL YEAR OF 2015/2016. Thesis, Teacher Training and Education Faculty. Surakarta Sebelas Maret University. July 2016. The objective of research was to improve the learning outcome of walking-on-the-air style of long jump in the 11th MIPA 4 graders of SMA Negeri 6 Surakarta in the school year of 2015/2016. This study was a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, each of which consisting of planning, acting, observing, and reflecting. The subject of research was the 11th MIPA 4 graders of SMA Negeri 6 Surakarta consisting of 31 students: 10 boys and 21 girls. Data source derived from students, teacher, and collaborator. Techniques of collecting data used were test and observation. Data validation was carried out using data triangulation. Data analysis was conducted using descriptive technique based on qualitative analysis with percentage. From the result of analysis, it could be found the improvement in the learning outcome of walking-on-the-air style of long jump in cycle I, in which 20 (64.51%) out of 31 students had met the passing criteria in the learning outcome of walking-on-the-air style of long jump. In cycle II, it increased to 87.10% or 27 students had met passing criteria in learning outcome of walking-on-the-air style of long jump, with KKM of 75.It could be concluded that the application of ADDIE model of learning design could improve the learning outcome of walking-on-the-air style of long jump as indicated with the achievement of target by the 11th MIPA 4 graders of SMA Negeri 6 Surakarta in the school year of 2015/2016, 60% in cycle I and 80% in cycle II. Keywords: Learning Outcome, learning outcome of walking-on-the-air style, ADDIE model of learning design

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 26 Nov 2016 13:37
    Last Modified: 26 Nov 2016 13:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29663

    Actions (login required)

    View Item