Analisis keputusan pembelian kain pada toko textile mac mohan surakarta

Wuryaningsih, Esti (2004) Analisis keputusan pembelian kain pada toko textile mac mohan surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (261Kb)

    Abstract

    BSTRAKSI ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN PADA TOKO TEXTILE MAC MOHAN SURAKARTA ESTI WURYANINGSIH F3201041 Keputusan pembelian adalah sesuatu yang telah ditetapkan untuk memperoleh suatu barang berdasarkan pencarian informasi dan evaluasi terhadap produk atau barang yang ada serta memutuskan untuk membeli produk tersebut. Konsumen biasanya akan mempertimbangkan beberapa faktor yang mungkin akan mempengaruhi keputusannya dalam membeli suatu produk. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor harga, kualitas kain, jenis kain corak dan warna kain mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian kain di Toko Textile Mac Mohan Surakarta dan faktor mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli kain. Metodologi yang digunakan adalah pengamatan langsung dengan membagikan kuesioner kepada responden. Pengambilan sampel dengan metode non random sampling karena total populasi tidak diketahui dengan pasti dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisa data menggunakan frekuensi distribusi relatif. Manfaat penelitian ini adalah sebagai sumbangan informasi serta sebagai referensi pihak lain yang ingin melakukan penelitian dibidang yang sama. Dari hasil analisis deskriptif didapatkan: 1. Harga, kualitas kain, jenis kain, corak dan warna kain mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli kain 2. Kualitas kain adalah faktor yang paling mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli kain dengan jumlah responden 49% Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran – saran yang diajukan adalah sebagai berikut: mengingat kualitas kain mempunyai pengaruh yang besar dan merupakan faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian kain maka hendaknya Toko Textile Mac Mohan menjalin relasi dengan distributor yang menyediakan bahan kain yang berkualitas baik, harga hendaknya disesuaikan dengan kualitas produk yang dijual, dan untuk lebih menarik konsumen perlu ditambah jenis kain yang belum tersedia dan mengingat kurangnya pilihan corak dan warna kain yang tersedia di Toko Textile Mac Mohan maka pilihan corak dan warna kain perlu diperbanyak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 833 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 04:54
    Last Modified: 13 Jul 2013 04:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2966

    Actions (login required)

    View Item