Analisis Penerapan Good Corporate Governance dalam Formulasi Strategi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Studi Tentang Formulasi Strategi Garuda Indonesia Experience)

ZECHARIAH, PASCAL (2016) Analisis Penerapan Good Corporate Governance dalam Formulasi Strategi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Studi Tentang Formulasi Strategi Garuda Indonesia Experience). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (308Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pascal Zechariah R K. D0112072. Analisis Penerapan Good Corporate Governance dalam Formulasi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Studi pada Formulasi Strategi Garuda Indonesia Experience). Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2016 Good Corporate Governance merupakan pedoman tata kelola perusahaan yang telah menjadi dasar bagi perusahaan, baik swasta maupun nasional. Garuda Indonesia menggunakan good corporate governance untuk mencapai tujuan sebagai sebuah BUMN, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, re-branding perusahaan, dan pemenuhan tanggung jawab terhadap pemegang saham, serta menghadirkan keterbukaan informasi secara internal maupun eksternal. Garuda Indonesia Experience merupakan salah satu strategi PT. Garuda Indonesia yang berkaitan dengan pelayanan. Penelitian ini bermaksud melakukan analisis terhadap penerapan good corporate governance dalam formulasi strategi Garuda Indonesia Experience. Indikator penilaian penerapan good corporate governance dalam formulasi strategi Garuda Indonesia Experience dianalisis dengan mengunakan enam aspek berdasarkan Tjager (1999), yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian, kesetaraan, dan pengungkapan. Analisis terhadap penerapan good corporate governance juga menggunakan teori-teori yang disebutkan dalam Sutedi (2012), yaitu : agency theory, shareholder value theory, dan stakeholder theory. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive dan snowball sampling, serta studi dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan good corporate governance dalam formulasi strategi Garuda Indonesia Experience bersifat satu arah (internal). Hal ini dikarenakan keterbukaan informasi hanya ditemui terjadi secara internal saja. Masyarakat tidak bisa mengetahui informasi terkait secara mendetail. Hasil ini mendorong shareholder value theory mempengaruhi penerapan good corporate governance dalam formulasi strategi Garuda Indonesia Experience Kata kunci : Formulasi Strategi, Garuda Indonesia, Garuda Indonesia Experience, Good Corporate Governance

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 25 Nov 2016 17:27
    Last Modified: 25 Nov 2016 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29633

    Actions (login required)

    View Item