Pengaruh Biological Science Inquiry Model terhadap Kemampuan Scientific Explanation Siswa

VITA, YULIANA S (2016) Pengaruh Biological Science Inquiry Model terhadap Kemampuan Scientific Explanation Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (827Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Vita Yuliana Sudiarti. K4312068. PENGARUH BIOLOGICAL SCIENCE INQUIRY MODEL TERHADAP KEMAMPUAN SCIENTIFIC EXPLANATION SISWA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biological Science Inquiry Model terhadap kemampuan Scientific Explanation siswa, yang meliputi 3 aspek yaitu klaim, bukti, dan alasan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian adalah Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA MTA Surakarta pada Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 4 menggunakan Biological Science Inquiry Model sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 6 menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan teknik tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan penjelasan ilmiah serta teknik non-tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan ANAKOVA dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa F hitung perlakuan (26,106) lebih besar dari F tabel (3,15) dan signifikansi hasil uji hipotesis (0,000) lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan penjelasan ilmiah yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang meliputi tiga aspek yaitu klaim (78,23), (82,66); bukti (40,86), (55,38); dan alasan (34,95), (48,92). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Biological Science Inquiry Model terhadap kemampuan Scientific Explanation siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Biological Science Inquiry Model berpengaruh terhadap kemampuan Scientific Explanation siswa. Kata kunci: biological science inquiry model, kemampuan scientific explanation

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 25 Nov 2016 14:06
    Last Modified: 25 Nov 2016 14:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29610

    Actions (login required)

    View Item