PENERAPAN BAURAN PEMASARAN INTERNASIONAL DENGAN STRATEGI MARKET DRIVEN PAADA CV. ACLASS

P, BAGUS ABADI (2016) PENERAPAN BAURAN PEMASARAN INTERNASIONAL DENGAN STRATEGI MARKET DRIVEN PAADA CV. ACLASS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (325Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENERAPAN BAURAN PEMASARAN INTERNASIONAL DENGAN STRATEGI MARKET DRIVENPADA CV. ACLASS BAGUS ABADI PAMUNGKAS NIM F3113011 Setiap perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang tepat bagi usaha yang dijalani, baik itu dalam bidang jasa maupun manufaktur. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan usaha, karena strategi pemasaran inilah yang nantinya akan mempegaruhi omset perusahan. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran lebih mendalam tentang strategi yang diterpakan CV. Aclass dalam menjual produknya ditengah persaingan yang semakin banyak dalam dunia bisnis furniture. CV. Aclass menerapakan “bauran pemasaran internasional dengan strategi market driven”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Masalah penelitian ini difokuskan pada bagaimana penerapan bauran pemasaran internasional dengan strategi market driven, bagaimana cara CV. Aclass agar produknya bisa diterima di pasaran dan tetap mendapatkan laba, dan alasan mengapa CV. Aclass memilih menggunakan strategi Market Driven dalam menjual produknya. Data – data yang digunakan antara lain menggunakan data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh yaitu : CV. Aclass menggunakan strategi market driven untuk mengetahui kebutuhan pasar, dan memenuhi permintaan tersebut dengan menggunakan bauran pemasaran (4P). CV.Aclass mempunyai prinsip “design to cost” yang berarti memaksimalkan design untuk menekan biaya produksi sehingga memperoleh profit yang banyak. Penjabaran diatas disimpulkan bahwa dalam menjalankan suatu bisnis diperlukannya strategi pemasaran. CV. Aclass dalam menjalankan bisnisnya juga menggunakan strategi pemasaran yaitu menerapkan “bauran pemasaran internasional dengan strategi market driven”. Strategi ini telah terbukti mampu memaksimalkan omset penjualan pada CV. Aclass. Oleh sebab itu sampai saat ini CV. Aclass tetap bisa bersaing pada persaingan bisnis furniture. Saran demi perkembangan CV. Aclass adalah mempertahankan antara bauran pemasaran internasional dengan market driven yang bertujuan untuk bisa bersaing dalam pasar ekspor-impor dan dapat memaksimalkan frekuensi penjualan. Kata kunci : Bauran Pemasaran, Market Driven, Pemasaran Internasional, Persaingan Bisnis ABSTRACT IMPLEMENTATION OF THE INTERNATIONAL MARKETING MIX STRATEGY MARKET DRIVEN IN CV. ACLASS BAGUS ABADI PAMUNGKAS NIM F3113011 Every company needs a proper marketing strategy for businesses followed, either in services or manufacturing . Selection of proper marketing strategy is needed to face of competition , because it will influence turnover of the company. This research aims to get a deeper picture of the strategy applied by CV . Aclass in selling their products amid growing competition in the business world a lot of furniture . CV . Aclass applying " international marketing mix with a market driven strategy " . The method use descriptive research type qualitative case study approach . The problem is focused on the implementation of international marketing mix with a market driven strategy, how to CV . Aclass so that products can be accepted in the market and still make a profit , and the reason why CV . Aclass choose to use Market Driven strategy. The data consist of primary and secondary data. The data collection techniques using observation and interviews. The results is : CV. A class is using a market driven method to understand the market’s necessities and fulfill the demands by using marketing mix (4p). CV. Aclass has a domain principle which is called by “design to cost” to maximize the design in order to save theproductions cost therefore it could be profitable enough. The explanation above concluded that the need for running a business marketing strategy . CV . Aclass in doing business also use this marketing strategy is the implementation " of international marketing mix with a market driven strategy " . This strategy has been proven to maximize sales turnover in CV . Aclass . Therefore, to date CV . Aclass remain competitive in the furniture business competition. The writer’s suggestion for CV.Aclass’s development is to obtaining the usage of international marketing mix with market driven, which aims to be able compete in export-import market and to be able to maximaze the frequenze of the sale. Keywords : Business competition, International marketing, Market driven, Marketing mix

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 25 Nov 2016 10:17
    Last Modified: 25 Nov 2016 10:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29574

    Actions (login required)

    View Item