Analisis Faktor Ketidaksesuaian Hasil Produksi Dengan Pesanan Konsumen

W, Triana Prihastiwi (2016) Analisis Faktor Ketidaksesuaian Hasil Produksi Dengan Pesanan Konsumen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (758Kb)

    Abstract

    Produk merupakan salah satu komponen penting dalam bauran pemasaran. Suatu perusahaan dikenal masyarakat melalui produk yang dihasilkan. Perusahaan harus mengutamakan kualitas dari produk agar kelak nantinya konsumen merasa puas dengan produk tersebut. Apabila kualitas dari produk tersebut rendah (memiliki cacat) maka konsumen merasa kecewa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menjadi penyebab mengapa kain hasil produksi PT. Kusumahadi Santosa mengalami kecacatan dan tidak sesuai dengan pesanan konsumen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan kegiatan tanya jawab atau wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah staff Divisi Pemasaran II PT. Kusumahadi Santosa. Data yang diperoleh dari kegiatan tanya jawab tersebut dijabarkan dalam bentuk analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, dapat diketahui bahwa yang menjadi faktor penyebab kain mengalami rusak atau cacat adalah pada faktor mesin yang sudah tua dan faktor Sumber Daya Manusia (SDM). Mesin yang sudah tua akan bekerja lambat dan tidak optimal dalam pengoperasiannya sehingga menyebabkan kain hasil produksi tidak sesuai dengan pesanan awal konsumen. Berdasarkan hasil analisis tersebut, upaya yang harus dilakukan oleh PT. Kusumahadi Santosa untuk meminimalisir terjadinya kain yang cacat saat selesai produksi adalah dengan mengadakan training atau pelatihan terlebih dahulu kepada karyawan Divisi Produksi dan melakukan pembaruan atau penggantian mesin yang lama ke mesin yang baru. Diharapkan dengan penggantian mesin tersebut hasil produksi kain semakin meningkat dan tidak lagi terjadi kain yang rusak atau cacat. Kata Kunci : produk, kecacatan kain produksi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 24 Nov 2016 07:45
    Last Modified: 24 Nov 2016 07:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29564

    Actions (login required)

    View Item