aIDENTIFIKASI POTENSI INTERAKSI ANTIBIOTIK  DENGAN OBAT LAIN PADA TERAPI PNEUMONIA DI RSUD  DR. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2014- 2015

SOLEQAH, ANISA DEWI (2016) aIDENTIFIKASI POTENSI INTERAKSI ANTIBIOTIK  DENGAN OBAT LAIN PADA TERAPI PNEUMONIA DI RSUD  DR. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2014- 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1618Kb)

    Abstract

    Pneumonia merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernafasan bawah yang salah satunya disebabkan oleh bakteri dan merupakan penyebab kematian terbesar terutama di negara berkembang. Antibiotik adalah terapi utama pada kasus pneumonia karena bakteri. Pengunaan antibiotik bersama dengan obat lain memungkinkan terjadi interaksi yang bersifat merugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antibiotik yang memiliki potensi interaksi obat paling besar beserta signifikansinya, dan mengetahui fase terjadinya potensi interaksi antibiotik dengan obat lain. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian non eksperimental yang hasilnya dianalisis secara deskriptif. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif dengan mengambil data pada rekam medis pasien. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria inklusi pasien yang didiagnosa menderita pneumonia dengan penyakit penyerta dan mendapatkan terapi antibiotik, dirawat di instalasi rawat inap RSUD Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 jenis obat yang diidentifikasi berpotensi menyebabkan interaksi obat pada pasien pneumonia dan potensi interaksi obat berdasarkan literatur dengan persentase terbesar adalah ceftriaxon dan furosemid yang memiliki signifikansi moderate sebesar 51,29%. Potensi interaksi antibiotik dengan obat lain berdasarkan literatur terjadi pada fase absorbsi (12,82%), metabolisme (35,9%), dan ekskresi (51,28%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Farmasi
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 23 Nov 2016 22:33
    Last Modified: 23 Nov 2016 22:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29560

    Actions (login required)

    View Item