PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA KULIAH KESEHATAN REPRODUKSI DAN KELUARGA BERENCANA

D, ANDEA SEPTIYANING (2016) PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA KULIAH KESEHATAN REPRODUKSI DAN KELUARGA BERENCANA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1227Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang: mata kuliah kesehatan reproduksi dan keluarga berencana merupakan salah satu mata kuliah yang perlu di kuasai mahasiswa kebidanan dalam menunjang tugasnya dalam pelayanan. Pembelajaran mata kuliah ini masih di dominasi oleh metode ceramah. Metode STAD dengan pendekatan quantum learningmampu memicu keaktifan siswa dan menimbulkan pemercepatan belajar yang akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode STAD dengan pendekatan quantum learning terhadap hasil belajar kognitif mata kuliah kesehatan reprosuksi pada mahasiswa. Metode: penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan rancangan pretest and posttest control group design. Teknik sampling menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 91 mahasiswi. Instrumen penelitian berupa soal evaluasi kognitif. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dengan program SPSS 16,00. Hasil: berdasarkan nilai posttest hasil belajar, kelompok belajar metode pembelajaran konvensional ceramah memiliki rerata nilai 77,02 dan pada penerapan metode STAD dengan pendekatan quantum learning memperoleh rerata nilai 80,98. Perbedaan rerata hasil belajar kognitif sebesar 3,96. Hasil analisis Mann-Whitney menyatakan nilai kemaknaan p=0.002. Kesimpulan: adapengaruhpenerapan metode STAD dengan pendekatan quantum learning terhadap hasil belajar kognitif mata kuliah kesehatan reproduksi dan keluarga berencana pada mahasiswa D III Kebidanan STIKES Aisyiyah Surakarta. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Quantum Learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Kebidanan
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 23 Nov 2016 22:25
    Last Modified: 23 Nov 2016 22:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29557

    Actions (login required)

    View Item