Peranan Desain Grafis Dalam Event Mara Fun Futsal di PT. Mara Advertising Yogyakarta

RAMADHAN, AGUNG (2016) Peranan Desain Grafis Dalam Event Mara Fun Futsal di PT. Mara Advertising Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (493Kb)

    Abstract

    AGUNG RAMADHAN, D1313005 KOMUNIKASI TERAPAN MINAT PERIKLANAN MENGAMBIL JUDUL TUGAS AKHIR : PERANAN DESAIN GRAFIS DALAM EVENT MARA FUN FUTSAL DI PT. MARA ADVERTISING YOGYAKARTA, 2016. Periklanan merupakan salah satu teknik pemasaran yang sampai sekarang dianggap sebagai cara yang paling efektif dalam memasarkan dan menyebarkan informasi tentang produk ataupun jasa, periklanan kerap kali dipadukan dengan berbagai teknik pemasaran lain seperti penjualan langsung ataupun melalui event, atau sering juga terlibat dalam ilmu marketing mix, campaign dan sebagainya. Ilmu periklanan tidak hanya membahas tentang pemasaran ataupun riset media, tetapi juga mencakup desain, audio visual dan lain-lain. Periklanan merupakan salah satu bentuk khusus komunikasi untuk memenuhi fungsi pemasaran. Untuk dapat menjalankan fungsi pemasaran, maka apa yang harus dilakukan dalam kegiatan periklanan tentu saja harus lebih dari sekedar memberikan informasi kepada khalayak. Periklanan harus membujuk khalayak ramai agar berperilaku sedemikian rupa sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan untuk mencetak penjualan dan keuntungan. Periklanan harus mampu mengarahkan konsumen membeli produk-produk yang oleh departemen pemasaran telah dirancang sedemikian rupa, sehingga diyakini dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pembeli. Singkatnya, periklanan harus dapat mempengaruhi pemilihan dan keputusan pembeli. Kreativitas untuk menarik dan memenangkan perhatian khalayak, membangkitkan minat yang berlanjut pada tindakan konsumen, dan pemilihan serta penggunaan media-media yang paling efektif dari segi biaya, merupakan faktor-faktor utama keahlian periklanan. Namun semua ini menuntut adanya interaksi antara tiga sisi periklanan, yakni pengiklan atau pemasang iklan, biro iklan dan pemilik media yang akan memuat iklan. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi yang menggunakan gambar untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Penulis melakukan Kuliah Kerja Media (KKM) di PT. Mara Advertising Yogyakarta, di sana penulis di tempatkan pada bagian Brand Activation, yang mana mempunyai tugas mengelola event,membuat konsep event, membuat campaign, program pemasaran serta jasa visual branding. Desain Grafis mempunyai peran yang tidak kalah penting untuk dapat membuat suatu iklan memiliki daya tarik yaitu dari segi visual, selama menjalani KKM penulis beberapa kali ditugaskan untuk membuat beberapa properti visual, tentu hal ini sangat mengapresiasi penulis dalam berkarya serta mengeluarkan kemampuan yang dimiliki, juga menjadi tahapan belajar yang lebih lanjut dari lingkungan perkuliahan. Dalam membuat karya Desain Grafis, desainer harus pintar-pintar menggali ide serta konsep yang menarik, hal ini bisa dilakukan dengan cara brainstorming,desainer juga harus pintar menerjemahkan sebuah ide atau konsep kedalam materi visual, kemampuan mengenali karakter warna, huruf, bentuk ornamen, serta tata letak menjadi modal utama seorang Desainer Grafis untuk dapat menghasilkan karya yang layak jual. Kata Kunci : Kuliah Kerja Media, Periklanan, Desain Grafis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NE Print media
    N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 23 Nov 2016 22:09
    Last Modified: 23 Nov 2016 22:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29552

    Actions (login required)

    View Item