Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kompetensi Installasi Sistem Operasi Berbasis GUI dan CLI pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Sawit

H, Pinasti Nur (2016) Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kompetensi Installasi Sistem Operasi Berbasis GUI dan CLI pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Sawit. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2600Kb)

    Abstract

    PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GUI DAN CLI PADA SISWA KELAS X TKJ DI SMK N 1 SAWIT Pinasti Nur Handayaningtyas, Basori, dan A.G. Thamrin Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret e-mail: pinastinurhandayaningtyas@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi belajar siswa dalam Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI ( Graphical User Interface) dan CLI ( Command Line Interface) kelas X TKJ SMK N 1 Sawit. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing – masing siklus dilakukan dengan empat tahapan, yaitu : (1) tindakan perencanaan; (2) tindakan pelaksanaan; (3) tindakan observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 3 di SMK N 1 Sawit sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru, observer dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, instrumen tes dan teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi instalasi sistem operasi berbasis GUI dan CLI. Hal ini terbukti dari fakta – fakta hasil sebagai berikut : (1) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan pada pra siklus sebesar 32,35% menjadi 58,82% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35%. (2) Kompetensi siswa dalam pembelajaran terdisi dari 3 ranah yaitu masing – masing ranah meengalami peningkatan sebagai berikut : (a) Ranah Kognitif dari pra siklus sebesar 11,76% menjadi 26,47% pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi sebesar 47,05%. (b) Ranah Afektif dari pra siklus sebesar 32,35% menjadi 53,29% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 76,47%. (c) Ranah Psikomotorik dari pra siklus sebesar 44,11% menjadi 79,41% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35%. Kata kunci : Project based learning, Aktivitas dan Kompetensi, Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface) dan CLI ( Command Line Interface).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 23 Nov 2016 16:34
    Last Modified: 23 Nov 2016 16:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29537

    Actions (login required)

    View Item