Perancangan Komunikasi Visual Iklan EQ TRANS di Sukoharjo

Kiswahyuningrum, Neny (2016) Perancangan Komunikasi Visual Iklan EQ TRANS di Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (663Kb)

    Abstract

    Keperluan masyarakat soal pengiriman hingga saat ini masih terasa. Pengiriman tersebut awalnya hanya berupa pengiriman surat untuk memberi pesan atau kabar. Namun seiring perubahan jaman dan kebutuhan maka pengiriman tidak hanya berupa surat atau dokumen saja tetapi juga merambah ke pengiriman barang. Makin pesatnya teknologi komunikasi berimbas pada minimnya jarak yang dirasakan, di sinilah keperluan untuk jasa pengiriman barang diperlukan. Keberadaan fasilitas mobile, membuat masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan akses keperluannya atau barang yang diinginkan sesuai keinginan dan kebutuhan. Oleh sebab itu diperlukan juga jasa pengiriman atau yang sering disebut ekpedisi yang memadai serta memuaskan, yang mencakup kebutuhan dari masyarat tersebut. Jasa pengiriman barang atau ekpedisi sendiri merupakan usaha untuk mewakili kepentingan pemilik barang guna mengurus semua kegiatan yang diperlukan yaitu pengiriman dan penerimaan barang melalu sistem transportasi. Jasa ini mulai banyak diminati karena masyarakat menerima barang dari jauh tanpa repot – repot harus datang sendiri ke tempat alamat yang dituju. Jasa ekspedisi banyak diperlukan oleh kalangan pedagang, perusahaan, pabrik produksi, usaha kecil masyarakat bahkan perorangan. Perkembangan akses tersebut membuat informasi cepat tersampaikan, maka jasa ekspedisi/ pengiriman ini sangat dibutuhkan. Ekpedisi/ pengiriman tersebut dapat dilakukan melalui darat, laut, dan udara. Pengiriman barang tersebut berupa barang, dokumen-dokumen, serta bentuk paket lainnya. Usaha yang bergerak dibidang ekpedisi/ pengiriman ini adalah EQ TRANS. Perusahaan ini telah berdiri 8 tahun yang lalu, merupakan salah satu perusahaan yang bertahan bersaing dibidangnya, dan didukung oleh armada yang memadai. Semakin maraknya kebutuhan dibidang pengiriman, maka semakin banyak pula pesaing yang muncul. Dalam persainganya perusahaan penawar jasa ekspedisi ini harus pandai merancang strategi marketing dibidang publikasinya. Namun sayangnya, meski sudah 8 tahun bergerak dibidang ekspedisi, EQ TRANS masih belum melakukan promosi secara maksimal. Cara mendapatkan konsumentnya dengan cara yang konvensional yaitu dari mulut ke mulut, dan penggunaan marketing pada relasi dekat serta kenalan. Perusahaan jasa ekspedisi ini belum mengutamakan media sebagai pemasaranya. Sedangkan pemasaran melalui media komunikasi visual sangat diperlukan melihat perkembangan jaman yang semakin ketat dalam persaingan bisnis. Berdasarkan latar belakang tersebut diperlukan perencanaan promosi untuk EQ TRANS agar lebih dikenal masyarakat secara luas. Salah satu cara untuk mengatasi masalah yang dialami ini adalah merancang media promosi melalui komunikasi visual iklan. Melalui Media komuniksi iklan diharapkan masyarakat Surakarta lebih mengenal perusahaan EQ TRANS. Oleh sebab itu, judul dari konsep ini adalah ”Perancangan Iklan EQ TRANS Melalui Media Komunikasi Visual”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 23 Nov 2016 14:14
    Last Modified: 23 Nov 2016 14:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29534

    Actions (login required)

    View Item