HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN SARANA PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 TERAS

Fauzan, Muhammad (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN SARANA PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 TERAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1030Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Teras. (2) Hubungan antara sarana pendidikan dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Teras. (3) Hubungan antara motivasi belajar dan sarana pendidikan dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Teras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Teras yang berjumlah 816 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 60 siswa diambil dengan multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Kesimpulan penelitian ini bahwa: (1) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Teras dengan nilai r Pearson sebesar 0,644 dan angka signifikansi 0,000. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana pendidikan dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Teras dengan nilai r Pearson sebesar 0,555 dan angka signifikansi 0,000. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan sarana pendidikan dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Teras dengan F hitung 29,116 dan signifikansi 0,000. Jadi, dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar dan sarana pendidikan bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Teras. Artinya, ketika motivasi belajar siswa itu tinggi maka yang terjadi adalah akan membuat siswa bersungguh-sungguh dalam belajar dan hasilnya akan mendapatkan prestasi yang baik dibandingkan dengan siswa yang kurang memiliki motivasi belajar. Selain itu, semakin banyak sarana pendidikan yang dioptimalkan dalam pembelajaran maka yang terjadi peserta didik akan lebih memperhatikan pembelajaran sehingga menunjang prestasi belajar agar lebih baik. Kata kunci: Kuantitatif, Prestasi Belajar Sosiologi, Motivasi Belajar, Sarana Pendidikan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 23 Nov 2016 10:21
    Last Modified: 23 Nov 2016 10:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29528

    Actions (login required)

    View Item