Strategi Bersaing Pasar Tanaman Hias Binaan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Pemerintahan Kota Tangerang Selatan

HARTAS, KRISTIANTO B (2016) Strategi Bersaing Pasar Tanaman Hias Binaan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Pemerintahan Kota Tangerang Selatan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (440Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar biaya, penerimaan dan pendapatan usaha, mengetahui faktor-faktor keberhasilan PTH Pemkot Tangsel, mengetahui posisi bersaing PTH Pemkot Tangsel dan merumuskan alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan di PTH Pemkot Tangsel. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis Usaha Tanaman Hias dan (2) Analisis Strategi Bersaing dengan Matriks CPM. Hasil penelitian menunjukkan besar total biaya usaha tanaman hias yaitu Rp 14.924.052,76, besar penerimaan yaitu Rp. 25.536.619,00, dan besarnya pendapatan yaitu Rp. 10.612.566,24. Faktor-faktor keberhasilan penting pada persaingan PTH Pemkot Tangsel adalah lokasi usaha, keunikan dan ciri khas produk, kelengkapan produk, harga, promosi, pelayanan, kebersihan dan penampilan tempat, reputasi dan nama, fasilitas, dan tingkat keamanan. Berdasarkan hasil analisis CPM (Competitive Profile Matrix) PTH Pemkot Tangsel memiliki total skor tertinggi dengan perolehan total skor sebesar 3,0214. Alternatif strategi bersaing yang dapat rumuskan untuk PTH Pemkot Tangsel adalah (a) memposisikan PTH Pemkot Tangsel sebagai tempat terbaik bagi konsumen dalam berbelanja tanaman hias melalui slogan yang persuasif, (b) peningkatan variasi penjualan produk dengan penyediaan konsep landscape atau desain taman menggunakan tanaman hias yang dapat dipamerkan dalam bentuk katalog dan media sosial dan (3) mengadakan pameran tanaman hias. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini antara lain PTH Pemkot Tangsel dapat mempertimbangkan faktor penentu keberhasilan, pembuatan slogan yang persuasif, peningkatan variasi produk, dan pameran tanaman hias.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 23 Nov 2016 09:01
    Last Modified: 23 Nov 2016 09:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29525

    Actions (login required)

    View Item