Analisis Efisiensi dan Marjin Pemasaran Janggelan di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri

SEDYAWATI, LAILA (2016) Analisis Efisiensi dan Marjin Pemasaran Janggelan di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (60Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan lembaga pemasaran jangggelan, menganalisis biaya, keuntungan dan marjin pemasaran janggelan, mengetahui saluran yang paling efisien dalam pemasaran janggelan di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri. Analisis data yang digunakan adalah analisis usahatani janggelan, saluran dan lembaga pemasaran janggelan, biaya, keuntungan dan marjin pemasaran janggelan, efisiensi saluran pemasaran janggelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa janggelan yang dipasarkan adalah janggelan kering dan memiliki dua bentuk yakni batang dan daun janggelan kering. Saluran pemasaran janggelan baik batang maupun daun janggelan ada empat saluran pemasaran dengan lembaga pemasaran yakni pedagang pengepul dan pedagang besar. Berdasarkan hasil penelitian saluran pemasaran I batang memiliki total biaya pemasaran Rp. 5.500, keuntungan Rp. 7.500 dan marjin pemasaran Rp. 13.000 dengan farmer share 35%. Saluran pemasaran janggelan II batang total biaya pemasaran Rp. 2.400, keuntungan Rp. 600 dan marjin pemasaran Rp.3.000 serta farmer share 70%. Saluran pemasaran III batang memiliki total biaya Rp. 4.940, keuntungan Rp. 5.650 dan marjin pemasaran Rp.10.600 dengan farmer share 47%. Saluran pemasaran IV batang memiliki total biaya Rp. 2.225, keuntungan Rp 575 dan marjin pemasaran Rp. 2.800 dengan farmer share 72%. Saluran pemasaran I daun total biaya Ro. 5.650, keuntungan Rp. 7.350 dan marjin pemasaran Rp. 13.000 dengan farmer share 60,61%. Saluran pemasaran janggelan II daun total biaya Rp. 2.650, keuntungan Rp. Rp.2.650 dan marjin pemasaran Rp. 5.000 dengan farmer share 80%. Saluran pemasaran III daun dengan total biaya Rp. 5.950, keuntungan Rp. 10.450 dan marjin pemasaran Rp. 16.400 dengan farmer share 50,30%. Sedangkan saluran pemasaran IV daun janggelan memiliki total biaya Rp. 2.225, keuntungan Rp. 9.375 dan marjin pemasaran Rp. 9375 dengan farmer share 53,6%. Saluran pemasaran yang paling efisien untuk batang adalah saluran pemasaran IV dan untuk daun janggelan adalah saluran pemasaran II.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 30 Nov 2016 15:02
    Last Modified: 30 Nov 2016 15:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29522

    Actions (login required)

    View Item