Strategi Pengembangan Pasar Lelang Cabai Merah Lahan Pasir di Kawasan Pesisir Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo (Studi Kasus Pasar Lelang Gisik Pranaji)

P, KUNSANI MULYA (2016) Strategi Pengembangan Pasar Lelang Cabai Merah Lahan Pasir di Kawasan Pesisir Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo (Studi Kasus Pasar Lelang Gisik Pranaji). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (358Kb)

    Abstract

    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal Pasar Lelang Gisik Pranaji, alternatif strategi serta prioritas strategi yang diterapkan dalam mengembangkan Pasar Lelang Gisik Pranaji di Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode dasar deskriptif analitis. Lokasi Penelitian yaitu di Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran cabai merah lahan pasir yang dilakukan Pasar Lelang Gisik Pranaji di Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo kurang optimal. Faktor internal yang menjadi kekuatan utama yaitu komitmen petani yang menjual ke pasar lelang, kelamahan utama yaitu gudang yang kurang luas, sedangkan faktor eksternal yang menjadi peluang utama yaitu kepercayaan peserta lelang terhadap pasar lelang, dan ancaman utama yaitu adanya tengkulak atau pengepul dan pasar lelang yang lain. Pasar Lelang Gisik Pranaji berada di sel V (menjaga dan mempertahankan) pada matriks IE. SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi yang dapat diterapkan di Pasar Lelang Gisik Pranaji. QSPM menghasilkan prioritas strategi yaitu peningkatan kualitas pelayanan dengan pemanfaatan sarana prasarana untuk menjaga loyalitas petani dan peserta lelang. Kata kunci : Cabai Merah Lahan pasir, Pasar Lelang, Strategi Pengembangan, SWOT, QSPM

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 22 Nov 2016 17:21
    Last Modified: 22 Nov 2016 17:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29520

    Actions (login required)

    View Item