Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Jawa melalui Metode Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas VII E SMP N 3 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2015/2016

UMAM, KHOERUL (2016) Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Jawa melalui Metode Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas VII E SMP N 3 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (976Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Khoerul Umam. K4212038 PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI BAHASA JAWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan menulis narasi bahasa Jawa (cerkak) melalui metode pembelajaran Jigsawdan dengan cara telaah unsur-unsur intrinsik cerkak pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Kebakkramat. Tindakan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data yang digunakan berupa informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi metode dan sumber. Analisi data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Dari penelitian tersebut diketahui pada tahap siklus I keaktifan siswa yaitu 64,86%, kemudia pada siklus II meningkat menjadi 86,49%. Sedangkan pada kemampuan menulis narasi bahasa Jawa (cerkak) pada pratindakan diketahui siswa yang tuntas sebanyak 35,14% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 64,86%. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 68,57% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 31,14%. Selanjutnya, pada tindakan siklus II siswa yang tuntas sebanyak 83,78%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Jigsaw dan dengan cara telaah unsur-unsur intrinsik cerkak dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan menulis narasi bahasa Jawa (cerkak). Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan prosedur pembelajaran sebagai berikut: (1) guru membagi siswa ke dalam kelompok asal dan kelompok ahli; (2) guru menugasi siswa untuk berkumpul di kelompok ahli, dan kemudian guru membagikan sebuah cerkak untuk dianalisis unsur intrinsiknya, tiap kelompok ahli hanya membahas satu unsur intrinsik saja; (3) Setelah selesai diskusi di kelompok ahli, kemudian guru menugasi semua siswa untuk kembali ke kelompok asalnya masing-masing dan mendiskusikannya kembali untuk selanjutnya membuat rangkuman sebagai bahan presentasi; (4) semua kelompok mempresentasikan hasi diskusinya; (5) Setelah semua kelompok mempresentasikan, kemudian guru bersama-sama dengan siswa membuat kerangka karangan narasi bahasa Jawa (cerkak) dan kemudian kerangka karangan tersebut dikembangkan sendiri oleh siswa menjadi sebuah cerita narasi bahasa Jawa (cerkak)yang ditulis menggunakan bahasanya sendiri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 22 Nov 2016 17:02
    Last Modified: 22 Nov 2016 17:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29516

    Actions (login required)

    View Item