Strategi Pengembangan Agrowisata Kampung Coklat Di Kabupaten Blitar

FAUZIYAH , FITRI (2016) Strategi Pengembangan Agrowisata Kampung Coklat Di Kabupaten Blitar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (322Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal agrowisata Kampung Coklat (2) merumuskan alternatif strategi pengembangan agrowisata Kampung Coklat (3) dan menentukan prioritas strategi pengembangan agrowisata Kampung Coklat. Penelitian ini menggunakan metode dasar penelitian deskriptif analitis. Lokasi penelitian yaitu agrowisata Kampung Coklat di Kabupaten Blitar. Metode penentuan responden secara purposive. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah (1) Matriks Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal, mengetahui posisi, dan merumuskan alternatif strategi pengembangan pada agrowisata Kampung Coklat, (2) Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk mengevaluasi alternatif strategi dan menentukan prioritas strategi dalam pengembangan agrowisata Kampung Coklat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal terdiri dari dua dimensi yaitu kekuatan finansial (FS) meliputi modal kerja dan laba serta keunggulan kompetitif (CA) meliputi tata kelola perusahaan (organisasi), pemasaran, dan kepuasan konsumen. Faktor eksternal terdiri dari dua dimensi yaitu stabilitas lingkungan (ES) meliputi perubahan teknologi, tekanan kompetitif, resiko bisnis, dan peran pemerintah serta kekuatan industri (IS) meliputi potensi laba dan utilisasi sumber daya. Total skor yang diperoleh dari matriks SPACE adalah (2,87;2,77) dan menunjukkan posisi agrowisata Kampung Coklat berada pada kuadran agresif. Berdasarkan posisi tersebut maka dirumuskan dua belas alternatif strategi. Berdasarkan wawancara dengan pengelola agrowisata Kampung Coklat maka dipilih empat alternatif strategi yang dirasa sesuai dengan kondisi yang ada saat ini dan dapat diterapkan di agrowisata Kampung Coklat yaitu mendirikan pabrik pengolahan biji kakao di daerah Blitar, menjalin kerjasama dengan distributor di berbagai daerah, memasukkan aktivitas petik buah kakao ke dalam paket wisata edukasi, serta melakukan perluasan lokasi area agrowisata dan penambahan wahana pertanian. Prioritas strategi yang terpilih berdasarkan perhitungan matriks QSP adalah mendirikan pabrik pengolahan biji kakao di daerah Blitar dengan nilai TAS (Total Attractive Score) sebesar 6,71.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 22 Nov 2016 12:12
    Last Modified: 22 Nov 2016 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29495

    Actions (login required)

    View Item