PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 MARGOREJO PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Metiksari, Shinta (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 MARGOREJO PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (866Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Shinta Metikasari. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 MARGOREJO PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dan untuk mengetahui peningkatkan interaksi sosial siswa selama mengikuti pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VII C SMP Negeri 2 Margorejo Pati tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Margorejo Pati. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksaan pembelajaran dan interaksi sosial siswa yang diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan interaksi sosial siswa dalam penelitian ini adalah setiap indikator dengan kategori tinggi memperoleh pencapaian minimal 70% dari jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dilakukan dengan tahapan: 1) pendahuluan: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, motivasi, apersepsi, model pembelajaran, dan pemberian reward. 2) inti: guru menyampaikan garis besar materi pembelajaran, mengelompokkan siswa secara heterogen, memberi nomor kepala, membagikan LKS, membimbing siswa dan memotivasi siswa untuk berdiskusi serta mengingatkan durasi, memanggil satu nomor siswa secara acak dari salah satu kelompok untuk presentasi , memandu kelompok lain dengan nomor yang sama untuk menanggapi dan mengutarakan pendapatnya, menunjuk nomor siswa yang tidak memperhatikan temannya untuk menanggapi dan mengutarakan pendapatnya, memberikan konfirmasi dan penguatan hasil diskusi, menilai hasil diskusi kelompok. 3) penutup: guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran, memberikan reward, menginformasikan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, memberikan pekerjaan rumah. Berdasarkan hasil observasi interaksi sosial siswa pada mata pelajaran matematika, rata-rata persentase interaksi sosial siswa dengan kategori tinggi pada pra siklus sebesar 13,2%. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 53,6% menjadi 66,8% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,8% menjadi 79,6%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Margorejo Pati tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, NHT, interaksi sosial siswa ABSTRACT Shinta Metikasari. THE IMPLEMENTATION OF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) OF COOPERATIVE LEARNING MODEL FOR IMPROVING STUDENT’S SOCIAL INTERACTION OF CLASS VII C OF SMP NEGERI 2 MARGOREJO PATI IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Minor Thesis. Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta. July 2016. This research aims to describe the process of implementation of NHT of cooperative learning model for improving student’s social interaction and to find out the improvement of student’s social interaction by applying cooperative learning with NHT in class VII C of SMP Negeri 2 Margorejo Pati. This research was conducted in two cycles. Every cycles composed of 4 steps, i.e: planning, action, observation, and reflection. The subject of this research was mathemathics teacher and students in class VII C of SMP Negeri 2 Margorejo Pati. The data in this research were the implementation of learning activity and student’s social interaction were got from the result of observation during learning process. The indicator of success in this research of every indicator of student’s social interaction must reach at least 70% of total students in high category. This research concludes that: There are three steps of learning process using cooperative learning with NHT that can improve student social interaction, i.e: 1) Preliminary activity: the teacher tells the students about the learning goal, motivation, apperception, the learning model, and awarding reward. 2) Main activity: the teacher explains the main topic of the lesson, devides students heterogeneously, gives head’s, gives working sheets, monitors and motivates students to put their heads together and reminds the discussion duration, calls a number randomly to share their discussion result, guides another group with the same number to respond and share their opinion, calls the number of a student that ignores the presenting student to respond and share his/her opinion, gives confirmation and affirmation regarding the presentation result, assess the groups discussion result. 3) Closing activity, the teacher and the students evaluate the result of learning activity, gives reward for the best group, tells what will they learn in the next meeting, gives homework. Based on the observation results, the student’s social interaction in high category, the average percentage measured during pre-cycles was 13,2%. In the first cycle, the percentage increases 53,6% becoming 66,8%, and in the second cycle, the percentage increases 12,8%, becoming 79,6%. Based on the observation results during the learning process, it is concluded that the implementation of NHT of cooperative learning can improve student’s social interaction on mathematics lesson in class VII C of SMP Negeri 2 Margorejo Pati in the academic year of 2015/2016. Keyword: cooperative learning model, NHT, student’s social interaction

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 22 Nov 2016 11:30
    Last Modified: 22 Nov 2016 11:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29493

    Actions (login required)

    View Item