KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kusumaningrum, Mita (2016) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (439Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mita Kusumaningrum. KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Keefektifan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Johari Window Untuk Meningkatkan Self Disclosure Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen kuasi. Adapun jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini sejumlah 30 peserta didik terdiri dari 15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self disclosure. Analisis data menggunakan teknik Non Parametric dengan uji Mann-Whitney U menggunakan bantuan SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara gain skor kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji Mann-Whitney U diperoleh Z hitung sebesar -4,215 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikansi antara kelompok eksperimen yang telah diberi treatment dengan kelompok kontrol yang tidak diberi treatment. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok melalui Teknik Johari Window Efektif Untuk Meningkatkan Self Disclosure Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci: bimbingan kelompok, johari window, self disclosure

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 22 Nov 2016 10:57
    Last Modified: 22 Nov 2016 10:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29485

    Actions (login required)

    View Item