EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN PETA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Fadhilah, Annisa Nur (2016) EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN PETA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Annisa Nur Fadhilah. K5412011. EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN PETA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan antara penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL), Project Based Learning (PjBL), dengan Ekspositori berbantuan peta; (2) efektivitas model Project Based Learning (PjBL) berbantuan peta dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori berbantuan peta; (3) efektivitas model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan peta dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori berbantuan peta; (4) efektivitas model Project Based Learning (PjBL) berbantuan peta dibandingkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan peta terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang dugunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Only with Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IIS di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh karena seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varian satu arah dilanjutkan dengan uji pasca anava dengan metode Scheffe’ taraf signifikansi 5%. Berdasar analisis data, disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL), Project Based Learning (PjBL), dengan Ekspositori berbantuan peta; (2) model Project Based Learning (PjBL) berbantuan peta lebih efektif dibandingkan dengan model Ekspositori berbantuan peta; (3) model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan peta lebih efektif dibandingkan dengan model Ekspositori berbantuan peta; (4) model Project Based Learning (PjBL) berbantuan peta lebih efektif dibandingkan dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan peta terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 22 Nov 2016 08:25
    Last Modified: 22 Nov 2016 08:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29476

    Actions (login required)

    View Item