INFORMATION OVERLOAD PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL (Studi Kualitatif Tentang Information Overload pada Pengguna Media Sosial di Kalangan Mahasiswa S1 Reguler Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2012/2013 sampai 2015/2016 Universitas Sebelas Maret)

MAHARANI, NOVI ASRI (2016) INFORMATION OVERLOAD PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL (Studi Kualitatif Tentang Information Overload pada Pengguna Media Sosial di Kalangan Mahasiswa S1 Reguler Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2012/2013 sampai 2015/2016 Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2960Kb)

    Abstract

    Information overload telah menjadi masalah pada masyarakat modern, seperti pengguna media sosial. Mengingat jumlah konten informasi yang tersedia pada media sosial saat ini, pengguna dapat merasa kelebihan beban dengan fakta dan informasi yang terus diperbarui yang mengharuskan pengguna untuk menyaring konten-konten tersebut. Dalam tulisan ini, penulis melakukan penelitian tentang bagaimana terjadinya information overload pada kalangan mahasiswa S1 Reguler Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2012/2013 sampai 2015/2016 Universitas Sebelas Maret, sebagai pengguna media sosial. Penelitian didasarkan pada teori tentang information overload yang disampaikan oleh Eppler dan Mengis. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purpossive sampling yaitu pengguna media sosial yang terkena information overload. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur individu, teknologi, informasi, serta kemampuan media literasi dapat menjadi penyebab terjadinya information overload pada pengguna media sosial. Kecepatan media sosial dalam memproduksi informasi secara tidak sadar membuat mengguna untuk terus menerus mengkonsumsi informasi. Aliran besar informasi yang sangat cepat ini dapat membuat beberapa kalangan merasa terbebani.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 21 Nov 2016 22:04
    Last Modified: 21 Nov 2016 22:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29459

    Actions (login required)

    View Item