IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KUANTITATIF PENGAWET NATRIUM BENZOAT PADA KECAP PRODUKSI LOKAL DAERAH SURAKARTA SECARA SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Arianto, Febri (2016) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KUANTITATIF PENGAWET NATRIUM BENZOAT PADA KECAP PRODUKSI LOKAL DAERAH SURAKARTA SECARA SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (537Kb)

    Abstract

    Natrium benzoat merupakan salah satu bahan tambahan pangan pengawet yang penggunaannya dibatasi dalam jumlah tertentu yang telah diatur dalam Peraturan Kepala BPOM No.36 Tahun 2013.Pengawet tersebut sering digunakan dalam kecap agar waktu simpan lebih lama.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kandungan natrium benzoat dan kadarnya yang terdapat dalam kecap produksi lokal daerah Surakarta. Sampel diambil di Pasar Gede Surakarta dan diambil dengan tiga produk yang berbeda.Sampel diidentifikasi menggunakan FeCl3.Hasil Positif ditunjukkan adanya endapan berwarna coklat kemerahan setelah penambahan FeCl3. Sampel yang terbukti positif kemudian ditentukan kadarnya secara spektrofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 225,6 nm.Pembacaan spektrofotometri UV-Vis dilakukan sebanyak tiga kali pada tiap sampelnya. Hasil menunjukkan ketiga sampel positif mengandung natrium benzoat dengan kadar masing-masing 91,18; 74,79; dan 151,79 mg/kg. Kadar tersebut berada di bawah batas maksimal penggunaan natrium benzoate yaitu sebesar 500mg/kg, sehingga dapat disimpulkan bahwa kecap produksi lokal daerah Surakarta mengandung pengawet natrium benzoat dengan kadar yang masih memenuhi persyaratan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 21 Nov 2016 12:54
    Last Modified: 21 Nov 2016 12:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29435

    Actions (login required)

    View Item