PENGARUH PENGGUNAAN GELLING AGENT PADA FORMULASI GEL EKSTRAK ETIL ASETAT DAUN PANDAN (Pandanus amaryllifolius Roxb.) TERHADAP UJI SIFAT FISIK DAN KIMIA

N, APRILIA ZUHROTUN (2016) PENGARUH PENGGUNAAN GELLING AGENT PADA FORMULASI GEL EKSTRAK ETIL ASETAT DAUN PANDAN (Pandanus amaryllifolius Roxb.) TERHADAP UJI SIFAT FISIK DAN KIMIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (671Kb)

    Abstract

    Daun pandan (Pandanus amaryllifolius Roxb) yang biasa digunakan sebagai pewarna dan pewangi makanan ternyata mempunyai potensi sebagai antibakteri. Daun pandan wangi mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, polifenol, dan zat warna yang memiliki kontribusi terhadap aktivitas antibakteri. Oleh karena itu, perlu dilakukan formulasi dalam bentuk sediaan topikal untuk mempermudah penggunaan serta nyaman digunakan salah satunya dalam bentuk sediaan gel. Ekstrak etil asetat daun pandan diformulasikan dalam bentuk sediaan gel dengan menggunakan variasi gelling agent. Formulasi gel membutuhkan gelling agent agar menghasilkan gel yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis gelling agent yang akan memberikan sifat fisik dan kimia gel. Ada tiga formulasi yang dirancang dengan perbedaan jenis gelling agent yaitu : F1 (karbopol-TEA); F2 (CMC-Na); F3 (Tragakan). Sediaan gel yang diperoleh diuji organoleptis, homogenitas, pH, daya lekat, daya sebar dan viskositas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan teoritis berdasarkan pustaka dan uji analisis dengan SPSS versi 16 dengan Shapiro-wilk dan one way ANOVA dengan taraf kepercayaan 95% dilanjutkan post hoc test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi gel ekstrak etil asetat daun pandan dengan variasi gelling agent tragakan (F3) lebih baik terhadap sifat fisik dan kimia sediaan gel yaitu pH dengan nilai 5,02 ± 0,19 daya lekat 1,67 ± 0,11; daya sebar 6,6 ± 0,56; dan viskositas 132,33 ± 3,39.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 21 Nov 2016 10:34
    Last Modified: 21 Nov 2016 10:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29410

    Actions (login required)

    View Item