PENGENDALIAN KUALITAS DALAM RANGKA MEMINIMALISIR KESALAHAN PRODUK PADA PT. SOLO MURNI MENGGUNAKAN METODE DIAGRAM TULANG IKAN

SAHRIL, SELVI FAUZIAH (2016) PENGENDALIAN KUALITAS DALAM RANGKA MEMINIMALISIR KESALAHAN PRODUK PADA PT. SOLO MURNI MENGGUNAKAN METODE DIAGRAM TULANG IKAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (696Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGENDALIAN KUALITAS DALAM RANGKA MEMINIMALISIR KESALAHAN PRODUK PADA PT. SOLO MURNI MENGGUNAKAN DIAGRAM TULANG IKAN SELVI FAUZIAH SAHRIL F3513065 Pada era saat ini, pengendalian kualitas merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi perusahaan. Permasalahan yang dihasilkan dalam kesalahan pengendalian kualitas merupakan salah satu masalah yang sangat fatal bagi perusahaan. Sehingga dalam penanganannya pun mendapatkan perhatian khusus dalam perusahaan. PT. Solo Murni merupakan salah satu perusahaan manufaktur produksi buku tulis yang memperhatikan pengendalian kualitas produk yang dihasilkan perusahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus dengan cara mengumpulkan data lapangan yang terkait dengan objek pengamatan guna memperoleh keterangan tentang sebab akibat permasalahan sesuai kenyataan yang ada pada saat pengamatan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengendalian kualitas dan mengetahui sebab akibat pada cacat produk yang dialami PT. Solo Murni. Dalam penelitian ini akan dibahas lebih dalam tentang sistem pengendalian kualitas perusahaan. Cacat produk merupakan suatu masalah yang sering dialami perusahaan. Kesalahan yang terjadi pada cacat produk yaitu kesalahan cetak, kesalahan laminating, kesalahan pengepakan, kesalahan kolbus dan kesalahan RRC. Dari 5 kesalahan tersebut 80% kesalahan cacat produk berasal dari kesalahan cetak, kesalahan pengepakan dan keslahan laminating. Penyebab kesalahan yang terjadi adalah mesin, material, metode, manusia dan inspeksi. Penyebab penyebab ini merupakan hal yang mendasari kesalahan pada cacat produk. Dari kesimpulan diatas perusahaan diperlukan untuk memperketat pengawasan dalam produksi dan melakukan pelatihan pelatihan yang mendasari pengendalian kualitas perusahaan. Sehingga akan meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi. Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, PT. Solo Murni.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 20 Nov 2016 21:33
    Last Modified: 20 Nov 2016 21:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29387

    Actions (login required)

    View Item