PENGARUH PROFITABILITAS, PENGHARGAAN, DAN TIPE KEPEMILIKAN BANK UMUM SYARIAH TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2010-2014)

Dhiyaul-Haq, Zaki Murtadho (2016) PENGARUH PROFITABILITAS, PENGHARGAAN, DAN TIPE KEPEMILIKAN BANK UMUM SYARIAH TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2010-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (616Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH PROFITABILITAS, PENGHARGAAN, DAN TIPE KEPEMILIKAN BANK UMUM SYARIAH TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING Zaki Murtadho Dhiyaul-Haq NIM. F1314122 Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh profitabilitas, penghargaan, dan tipe kepemilikan Bank Umum Syariah (BUS) terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perbankan syariah di Indonesia. Profitabilitas diproksikan dengan ROA, penghargaan diidentifikasi dengan jumlah penghargaan atas kinerja CSR selama satu tahun, dan tipe kepemilikan diklasifikasi menjadi empat yaitu kepemilikan pemerintah, keluarga, asing, dan institusi. Sampel yang digunakan adalah BUS di Indonesia yang menerbitkan laporan tahunan dari periode 2010-2014 dan mendapat profit sebanyak 53 laporan tahunan dari 12 BUS. Teknik untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS IBM Statistics 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas, penghargaan, dan tipe kepemilikan secara parsial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. Analisis lebih lanjut dilakukan untuk menguji pengaruh seluruh variabel terhadap masing-masing tema dalam indeks ISR. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh pada setiap tema, penghargaan berpengaruh positif pada tema sosial dan tata kelola perusahaan, tipe kepemilikan memiliki pengaruh pada lima tema selain tema lingkungan. Kata Kunci : Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Penghargaan, Tipe Kepemilikan ABSTRACT THE INFLUENCE OF PROFITABILITY, AWARD, AND TYPE OF OWNERSHIP OF ISLAMIC BANKS ON THE ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE This study was conducted to examine the effect of profitability, award, and the type of ownership of Islamic Banks (BUS) on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) on Islamic banking in Indonesia. Profitability is proxied by the ROA, the award is identified with a number of awards for CSR performance for one year, and the type of ownership are classified into four: government, family, foreign, and institutions ownership. The samples are Islamic banks in Indonesia, which publishes an annual report on the period 2010-2014 and have a profit there were 53 annual reports of 12 BUS. Techniques to test the hypothesis is multiple linear regression analysis using IBM SPSS Statistics 20. The results show that profitability, award, and the type of ownership partially does not affect on the disclosure of ISR. Further analysis was conducted to test the effect of all the variables on each theme in the index ISR. The results indicate that profitability has no effect on each theme, award has a positive effect on the social and corporate governance themes, type of ownership has an effect on the five themes besides the enviromental theme. Keywords : Islamic Social Reporting, Profitability, Awards, Type of Ownership

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 20 Nov 2016 18:53
    Last Modified: 20 Nov 2016 18:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29373

    Actions (login required)

    View Item