IMPLEMENTASI PEMBERIAN GANTI KERUGIAN LAYANAN PAKET DI PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG SURAKARTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 38 TAHUN 2009 TENTANG POS

S, Yusuf Bintang (2016) IMPLEMENTASI PEMBERIAN GANTI KERUGIAN LAYANAN PAKET DI PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG SURAKARTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 38 TAHUN 2009 TENTANG POS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (558Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yusuf Bintang Syaifinuha, E0012414. 2016. IMPLEMENTASI PEMBERIAN GANTI KERUGIAN LAYANAN PAKET DI PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG SURAKARTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 38 TAHUN 2009 TENTANG POS. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemberian ganti kerugian di PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Surakarta ditinjau dari UU Pos dan untuk mengetahui cara penyelesaian sengketa yang timbul dari implementasi pemberian ganti kerugian di PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris. Data yang digunakan terdiri dari dua data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi pemberian ganti kerugian di JNE kurang sesuai dengan Pasal 28 UU Pos karena jenis ganti kerugian hanya untuk kehilangan kiriman dan kerusakan isi kiriman. Pengirim yang mengajukan klaim ganti kerugian harus memenuhi syarat administrasi yang telah ditetapkan oleh JNE. Nilai ganti kerugian yang diberikan JNE adalah 10 kali biaya pengiriman atau sesuai harga barang yang hilang dan/atau rusak jika menggunakan asuransi. JNE memilih upaya hukum diluar pengadilan (nonlitigasi) berupa negosiasi dalam menyelesaikan sengketa yang terjadi dalam implementasi pemberian ganti kerugian. Kata kunci :Perjanjian, Wanprestasi, Implementasi ganti kerugian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 20 Nov 2016 18:49
    Last Modified: 20 Nov 2016 18:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29371

    Actions (login required)

    View Item