Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggros melalui Model Pembelajaran Role Playing pada Anak Kelompok B2 TK IT MTA Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016

Iskawedar, Yulia (2016) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggros melalui Model Pembelajaran Role Playing pada Anak Kelompok B2 TK IT MTA Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1011Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yulia Iskawedar. PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA ANAK KELOMPOK B2 TK IT MTA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak melalui model pembelajaran Role Playing pada anak Kelompok B2 TK IT MTA Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B2 TK IT MTA Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Adapun sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik untuk mengumpulkan data adalah wawancara , observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan interaktif meliputi: reduksi data, penyajian data, kesimpulan-kesimpulan: penarikan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melaui model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada anak kelompok B 2 TK IT MTA Sukoharjo tahun pelajaran 2015/201. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris amak yaitu pada prasiklus dari 22 peserta didik sebanyak 10 peserta didik atau 45%, kemudian pada siklus I dari 22 peserta didik sebanyak 16 peserta didik atau sebesar 73% dan pada siklus II dari 22 peserta didik sebanyak 19 peserta didik atau 86%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada anak Kelompok B2 TK IT MTA Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Perkembangan Bahasa, Penguasaan kosakata Bahasa Inggris, RolePlaying ABSTRACT Yulia Iskawedar. INCREASING ENGLISH VOCABULARY BY ROLE PLAYING METHOD IN CHILDREN GROUB B2 KINDERGARTEN IT MTA SUKOHARJO 2015/2016 ACADEMIC YEAR. Thesis. Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University 2016. The purpose of this research is to increase English vocabulary by Role Playing method in children group B kindergarten IT MTA Sukoharjo 2015/2016 academic year. Every cycle consits four stages. Planning, implementation, observation and reflection. Subject in this research is student group B Islamic integrated kindergarten MTA Sukoharjo, Bendosari, Sukoharjo, which consist of 22 children, 7 boys and 15 girls. Data source form primary and secondary data. Data collection technique conducted by interview, observation, documentation, and performance. Analysis technique of the data used interactive analysis mode consist: reduction data, presentation data, conclusions: inference / verification. The result shows that role playing method can improve English vocabulary of children group B Islamic integrated kindergarten MTA Sukoharjo, Bendosari, Sukoharjo Academic year 2015/2016. It can be proven by increasing percentage of Children’s English vocabulary. In pra-cylcle (before action) there are 10 childrens form 22 childrens or 45% who were completed. The first cycles completeness childrens who were completed up to 16 childrens or 73%, and in II cycle children who get completed score up to 19 childrens or 86%. Conclusion of this research is role playing method able to increase English vocabulary in children group B kindergarten IT MTA Sukoharjo, Bendosari, Sukoharjo Academic year 2015/2016. Key Words : language development, English vocabulary, Role Playing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 20 Nov 2016 18:40
    Last Modified: 20 Nov 2016 18:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29366

    Actions (login required)

    View Item