Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw dan Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Ability) Pada Kompetensi Dasar Dinamika dan Masalah Kependudukan Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

B, Yoga Kesuma S (2016) Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw dan Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Ability) Pada Kompetensi Dasar Dinamika dan Masalah Kependudukan Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (966Kb)

    Abstract

    Yoga Kesuma Setyo Budhi. K5411069 EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL (SPATIAL ABILITY) PADA KOMPETENSI DASAR DINAMIKA DAN MASALAH KEPENDUDUKAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret,Maret 2016 Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir spasial antara penggunaan metode pembelajaran Jigsaw, metode pembelajaran Numbered Heads Together dengan metode pembelajaran Ceramah perserta didik 2) Mengetahui efektivitas antara penggunaan metode pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran Ceramah terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik 3). Mengetahui efektivitas antara penggunaan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan metode pembelajaran Ceramah terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik 4). mengetahui efektivitas antara penggunaan metode pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada Kompetensi Dasar Dinamika dan Masalah Kependudukan Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun 2015/2016 Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental desain “Postest-Only Control Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 2, XI IPS 3 dan XI IPS 4. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir spasial menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Satu Jalan (One Way Anava) dan uji pasca anava (Metode Tukey) dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir spasial peserta didik antara penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw, metode Pembelajaran Numbered Heads Together dan Metode Pembelajaran Ceramah (2) Metode Pembelajaran Jigsaw lebih efektif dibandingkan Metode Pembelajaran Ceramah pada kemampuan berpikir spasial,( 3) Metode Pembelajaran Numbered Head Together tidak lebih efektif dibandingkan dengan Metode Pembelajaran Ceramah pada kemampuan berpikir spasial, dan (4) Metode Pembelajaran Jigsaw lebih efektif dibandingkan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together pada kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Jigsaw, Numbered Heads Together, kemampuan berpikir spasial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 20 Nov 2016 18:31
    Last Modified: 20 Nov 2016 18:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29362

    Actions (login required)

    View Item