FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI INOVASI JERAMI PADI FERMENTASI PADA PETERNAKAN SAPI POTONG DI KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI

FIKROH, MEIDANAL (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI INOVASI JERAMI PADI FERMENTASI PADA PETERNAKAN SAPI POTONG DI KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (77Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peternak dalam mengadopsi inovasi jerami padi fermentasi di Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Desember 2015 sampai 20 Maret 2016 pada peternak sapi potong di Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Model dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif. Metode penentuan lokasi dan responden penelitian ditentukan secara purposive sampling (sengaja) dengan 60 responden. Kuisioner yang didapat valid dan reliabel. Peternak yang digunakan sebagai responden semuanya berjenis kelamin laki-laki, umur rata-rata yaitu 51-60 tahun dan sebanyak 51,67% menempuh pendidikan terakhir SMA. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Regresi Logistik Biner. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari analisis regresi logistik keadaan sosial (umur, pendidikan, pekerjaan utama, jumlah anggota keluarga, jumlah ternak yang dimiliki, luas lahan yang dimiliki, dan pengalaman beternak) tidak mempengaruhi responden dalam mengadopsi inovasi jerami padi fermentasi. Hubungan antara sifat-sifat inovasi dengan keputusan responden untuk mengadopsi jerami padi fermentasi yaitu sebanyak 100% peternak menilai untuk keuntungan relatif, 95% peternak menilai inovasi jerami padi fermentasi memiliki kesesuaian yang baik, 66,7% peternak menilai tingkat kerumitan jerami padi fermentasi sangat rendah, 100% menilai sangat baik terhadap ketercobaan jerami padi fermentasi dan 28,33% menilai keteramatan jerami padi fermentasi sangat baik. Tingkat adopsi inovasi jerami padi fermentasi di Kecamatan Nogosari termasuk tinggi yaitu 90%. Kata kunci: Peternakan sapi potong, Adopsi inovasi, Jerami padi fementasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 20 Nov 2016 09:19
    Last Modified: 20 Nov 2016 09:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29338

    Actions (login required)

    View Item