Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Semangka di Kota Surakarta

Khusna, Khurin Abqoria Millata (2016) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Semangka di Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (345Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut buah semangka yang menjadi preferensi konsumen di Kota Surakarta dan untuk mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian buah semangka di Kota Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan di pasar modern dan pasar tradisional di Kota Surakarta yang telah ditentukan. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dan metode penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling dengan jumlah sampel sebesar 96 responden. Atribut buah semangka yang dianalisis adalah atribut harga, warna, ukuran, berbiji/tidaknya buah semangka dan keadaan buah semangka yang dibeli secara utuh/potongan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Chi-Square dan Multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis Chi-square diketahui bahwa secara signifikan terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut-atribut buah semangka. Berdasarkan analisis Multiatribut Fishbein atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian buah semangka di Kota Surakarta berturut-turut adalah buah semangka yang dibeli dalam keadaan utuh/potongan, ukuran buah semangka, berbiji/tidaknya buah semangka, warna buah semangka dan harga buah semangka.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 20 Nov 2016 03:38
    Last Modified: 20 Nov 2016 03:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29333

    Actions (login required)

    View Item