Kegiatan Public Relations Dalam Menjaga Citra Positif Taman Balekambang

KARAMY, QAEDY (2016) Kegiatan Public Relations Dalam Menjaga Citra Positif Taman Balekambang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1164Kb)

    Abstract

    Sebuah perusahaan/ organisasi tidak mungkin dapat berkembang dan dikenal khalayak luas tanpa adanya publikasi. Public Relations harus bisa menjadi seorang komunikator, seorang penasehat, dan sekaligus seorang perencana yang baik, ia harus mengetahui benar tentang organisasi dan mampu mewakilinya dalam berbagai kesempatan atau keperluan. Pada dasarnya Public Relations merupakan proses komunikasi dua arah yang bertujuan untuk membangun dan menjaga reputasi dan citra perusahaan di mata publiknya Citra perusahaan (corporate image) bukan hanya dilakukan seorang public relations sendirian, tetapi perilaku seluruh unsur perusahaan (karyawan, manajer, dan lainnya) ikut andil dalam pembentukan citra ini, baik disadari atau tidak. Salah satu prinsip dasar komunikasi adalah we cant not communicate (kita tidak bisa tidak berkomunikasi). Artinya, apa pun perilaku kita verbal atau nonverbal berpotensi mengomunikasikan makna tertentu bagi orang lain, terlepas dari sengaja atau tidak sengaja, disadari atau tidak. Ini sesuai dengan asal kata korporat, yaitu "corpus". Antony menyebut "corpus" sebagai "keseluruhan tubuh". (Anthony Davis, 2003:11) Bagaikan tubuh manusia, jika tangan sakit maka bagian tubuh lain ikut merasakan. Jika karyawan berulah negatif, maka manajemen akan terkena imbasnya. Kegiatan Kuliah Kerja Media ini dilakukan dengan cara magang di UPTD Taman Balekambang dalam jangka waktu tertentu untuk melakukan pengamatan maupun terlibat langsung dalam kegiatan kegiatan yang berkaitan dengan Public Relations seperti; Event Planning dan Publication, Monitoring, Media Relations, dan Digital PR. Peran seorang public relations sangat penting dalam rangka membangun hubungan baik kepada pihak perusahaan maupun masyarakat, karena pandangan masyarakat itulah yang nantinya akan berdampak kepada persepsi publik. Maka disini, dengan menyelenggarakan event event di Taman Balekambang merupakan salah satu kegiatan yang mendukung untuk meningkatkan citra positif dimata masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 20 Nov 2016 21:03
    Last Modified: 20 Nov 2016 21:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29313

    Actions (login required)

    View Item