PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA SCHNEPPER DENGAN PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

RIZKY K, FAHRUDIN (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA SCHNEPPER DENGAN PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1157Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fahrudin Rizky Kusuma. PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA SCHNEPPER DENGAN PENERAPKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya schnepper pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 8 Surakarta yang berjumlah 26 siswa, 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan kualitatif dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Pada prasiklus, hanya 9 siswa yang tuntas (34,62 %) dan 17 siswa lainnya belum tuntas (65,38 %). Pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan siswa yang telah tuntas sebanyak 15 siswa (57,69%) dan 11 siswa masih belum tuntas (42,31%) dengan perolehan nilai rata-rata afektif (89,57%), psikomotor (76,53%) dan Kognitif (56,97%). Pada siklus II, diperoleh hasil belajar dengan siswa yang telah tuntas sebanyak 22 siswa (84,61%) dan 4 siswa masih belum tuntas (15,39%). Dengan perolehan nilai rata-rata afektif (92,84%), psikomotor (85,18%) dan Kognitif (83,17%). Berdasarkan hasil analisis dari siklus I & II tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dan sesuai dengan target pencapaian. Simpulan penelitian ini adalah penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya schnepper pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Hasil belajar, Lompat Jauh Gaya Schnepper, Penerapan Alat Bantu Pembelajaran ABSTRACT Fahrudin Rizky Kusuma. INCREASING THE RESULT OF LEARNING SCHNEPPER LONG JUMP STYLE BY APPLYING TEACHING AID FOR EIGHTH GRADERS OF SMP NEGERI 8 SURAKARTA AT 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University. Jun, 2016. The purpose of this research was increasing the result of learning Schnepeer long jump style for eighth graders of SMP Negeri 8 Surakarta at 2015/2016. This research was Classroom Action Research (CAR). It executed into two cycles; in every cycle consists of two meetings. The subject was the Class G of eight graders of SMP Negeri 8 Surakarta, the number of students were 26 people, consists of 16 female and 10 male students. Techniques of data collection were observation, test, and documentation. The validity of data used triangulation. Data analysis used descriptive technic that based on qualitative analysis and percentage. The result of pre-cycle only 9 students were completed (34.62 %) and 17 students were not yet (65.38%). At the first cycle obtained the learning outcomes, 15 students were completed (57.69%) and 11 students were not yet (42.31%) with the average value of affective (89.57%), psychomotor (76.53%), and cognitive (56.97%). At the second cycle obtained the learning result, 22 students were completed (84.61%) and 4 students were not yet (15.39%). At the second cycle obtained the average value of affective (92.84%), psychomotor (85.18%), and cognitive (83.17%). Based on the analysis of first and second cycles, the analysis showed that there was significantly enhancement and appropriate with the target result. The conclusion was applying teaching aid could increase the result of learning schnepper long jump style for Class G of eight graders of SMP Negeri 8 Surakarta at 2015/2016. Keywords: Result of learning, Schnepper long jump style, applying teaching aid.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 19 Nov 2016 13:16
    Last Modified: 19 Nov 2016 13:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29295

    Actions (login required)

    View Item